Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Monday, 18 March 2013

PPS Merampungkan Pemutahiran Data Pemilih Untuk Penetapan DPT

KM. LENGGE WAWO,- Pemutakhiran data pemilih pada Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, pada beberapa kecamatan di Kabupaten Bima terus dibenahi, terutama pemutakhiran data pemilih tambahan, sehingga pada rapat pleno penetapan dan pengesahan Daftar Pemilih Tetap (DPT) oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) tanggal 22 Maret mendatang tidak lagi ada masalah.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Belo, Ahmad, S. Ag, mengatakan, di Kecamatan Belo ada 44 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar pada sembilan desa. Data sementara hasil pleno Daftar Pemilih Sementara (DPS) jumlah pemilih di Kecamatan Belo sebanyak 18.639 pemilih. Jumlah ini bisa saja bertambah dan berkurang bergantung hasil pemutakhiran yang dilakukan PPS pada pleno perbaikan dan pleno Daftar Pemilih Tambahan.
“Saat ini sedang merampungkan pengetikan hasil pendataan yang diisi pada format A3.2 Kwk-KPU plus model A.2 kwk-KPU yang akan menjadi draf DPT (A.3),” ujarnya melalui telepon seluler, Senin (18/3) tadi malam.

Semua data itu, terangnya, akan disampaikan kepada PPK dan KPU dalam bentuk softcopy (flashdisk) yang disimpan dalam format seragam yang telah dikirimkan KPU kepada PPK hingga digunakan PPS dalam mengisi hasil pemutakhiran seluruh data pemilih pada setiap TPS.

Data dalam bentuk softcopy itu, katanya, akan diserahkan kepada KPU saat rapat koordinasi yang digelar di kantor KPU Kabupaten Bima di jalan Sultan Muhammad Salahuddin Desa Panda Kecamatan Palibelo, Rabu (20/3)besok. Jumlah pemilih di Kecamatan Belo bisa saja bertambah dan bisa juga berkurang.

“Dalam beberapa hari terakhir, kita terus bekerja keras menuntaskan pengetikan hingga diperoleh draf DPT, sehingga sebelum pleno penetapan dan pengesahan DPT tidak ada lagi masalah,”katanya.

Hal senada dikemukakan anggota PPK Wawo, Khairunnas, S.Sos. Seluruh PPS sedang bekerja siang dan malam melakukan pengetikan sekaligus memlototi data yang ada agar tidak ada lagi kesalahan pengetikan nama, alamat, dan lainnya. Data yang diketik itu merupakan data akurat dan falid, sehingga seluruh data yang ada pada setiap TPS bisa diplenokan menjadi DPT pada tanggal 22 Maret mendatang.

“Dari sembilan PPS dan 30 TPS kita terus memantau sesuai desa binaan yang dilakukan PPK. Kita berharap Selasa besok bisa menyelesaikan pengetikan,” katanya.

0 comments:

Post a Comment