Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Sunday, 12 May 2013

Kecamatan Wawo Dapat 11 Paket PNPM Pisew

KM. LENGGE WAWO,- Pada tahun 2013 ini, Kecamatan Wawo dipastikan mendapat 11 paket Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat-Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi Wilayah (PNPM-PISEW). Namun dari 11 paket itu, hanya tiga desa yang dipercayakan untuk melaksanakan program nasional dimaksud.

Camat Wawo, Drs. Muhammad Rum, M.Si, saat ditemui diruang kerjanya, mengatakan, tiga desa yang dipastikan mendapat jatah PNPM Pisew diwilayah Kecamatan Wawo tersebut, yakni Desa Maria, Pesa dan Desa Kombo.  “Dari tiga desa ini, Desa Maria dan Pesa masing-masing mendapat empat paket dan Desa Kombo hanya tiga, sehingga totalnya mencapai 11 paket pekerjaan,” ujarnya.

Menurutnya, jatah yang diberikan pada tiga desa tersebut, semata-mata bukan atas keinginan dari pihaknya selaku kepala wilayah Kecamatan Wawo. Akan tetapi hal itu murni berdasarkan hasil penilaian tim PNPM Pisew Kabupaten Bima, terutama dari segi administrasi dan fisik selama pelaksanaan PNPM Pisew mulai tahun 2008 hingga 2012, khususnya diwilayah Kecamatan Wawo. Artinya, dari sembilan desa di Kecamatan Wawo, hanya Desa Maria, Pesa dan Kombo inilah yang dinilai bagus administrasi dan pekerjaan fisiknya, sehingga tiga desa ini layak diberikan paket Pisew lagi untuk tahun 2013.

Selain itu lanjut Rum, pelaksanaan Pisew 2013 ini merupakan sisa anggaran PNPM Pisew dari tahun 2008 sampai 2012. Sehingga Kecamatan Wawo termasuk beberapa kecamatan lainnya di Kabupaten Bima yang mendapat paket pekerjaan Pisew selama ini, hanya mendapatkan sisa dana yang tersedia itu masing-masing sebesar, Rp. 400 juta. Olehnya itu, pihaknya mengharapkan kepada desa-desa lainnya yang tidak terkafer dalam PNPM pisew tahun ini, agar bisa bersabar dulu, karena pada tahun 2014 mendatang seluruh desa, khususnya diwilayah Kecamatan Wawo pasti mendapatkan kembali PNPM Pisew dimaksud.

Camat Rum menambahkan, setelah dipastikan mendapat paket PNPM Pisew, maka pada Mei 2013 nanti,  ketiga desa di Kecamatan Wawo ini sudah mulai melakukan pengadaan dan seleksi Lembaga Keswadayaan Desa (LKD) untuk melaksanakan pekerjaan fisik PNPM Pisew yang diperkirakan akan dimulai pada Juni 2013 mendatang.  “Jenis pekerjaan dalam Pisew 2013 ini, berupa 10 paket drainase, plus satu paket  irigasi di Desa Pesa,” tandasnya. (Yar)

0 comments:

Post a Comment