Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Thursday, 1 August 2013

Liputan Perjalanan HPDM (Himpunan Pemuda Desa Maria) Ke Pundu Nence

 

KM. LENGGE WAWO,- Mendaki gunung bisa menjadi salah satu kegiatan menarik yang semakin mendekatkan diri dengan alam. salah satunya yang menjadi lokasi pendakian favorit penduduk di Sekitar Bima, khususnya kaum pelajar adalah Gunung Pundu Nence yang disingkat menjadi Gunung Punce.

 

Gunung Pundu Nence merupakan sebuah gunung yang terletak diperbatasan Kabupaten Bima dengan Kota Bima, kota administratif yang terletak di Pulau Sumbawa. Untuk menuju gunung ini, anda bisa menuju pemukiman terakhir sebelum memasuki kawasan Gunung Pundu Nence yakni Kelurahan Lelamase, Kecamatan Rasanae Timur, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

 

Pada tanggal 07 – 07 -2013 kemarin, HPDM (Himpunan Pemuda Desa Maria)  melakukan perjalan menuju gunung pundu nence atau yang lebih dikenal dengan Punce, perjalanan yang sangat berkesan tersebut diabadikan dalam beberapa foto, ketua Himpunan Pemuda Desa Maria Mukhlis A Azis Menjelaskan ke KM bahwa perjalanan ke punce kali ini adalah untuk menggugah kepedulian anggota HPDM terhadap kelestarian alam.

 

Gunung Pundu Nence memiliki ketinggian puncak sekitar 1050 meter di atas permukaan laut (mdpl). Di jalur awal pendakian, trek yang pertama akan anda temui merupakan jalur turunan, bukan menanjak. Di sekitar anda juga merupakan lahan penduduk sehingga perjalanan terasa cukup terik karena hanya ada sedikit pepohonan yang tumbuh sepanjang jalur. Kemudian, setelah anda melewati aliran sungai, barulah jalur pendakian anda menanjak menaiki bukit.


Perjalanan masih terasa terik karena suasana masih sama seperti jalur turunan sebelumnya, barulah setelah anda tiba di atas bukit, anda akan tiba di sebuah dataran yang cukup teduh karena sudah ditumbuhi pepohonan. Dataran ini oleh para pendaki dikenal dengan sebutan café.

Selanjutnya, anda akan menuju pos air 1 dimana anda dapat menemukan sumber air di pos tersebut. Sepanjang perjalanan sudah mulai teduh dan agak tertutup serta ditumbuhi juga oleh jenis-jenis ilalang dan semak.

Kemudian, tujuan selanjutnya adalah pos air 2. Dari pos air 1 menuju pos air 2, perjalanan bisa sedikit lebih nyaman karena sudah banyak ditumbuhi pepohonan sehingga perjalanan bisa terasa lebih teduh. Jalur juga cukup lebar sekitar 1,5 hinga 2 meter. Yang cukup menarik dari Gunung Pundu Nence, banyak lokasi yang terbuka ditumbuhi rumput hijau, sehingga mirip dengan lapangan golf.

 


Di barat, anda bisa melihat panorama sunset apabila berada di puncak ketika senja, atau anda bisa melihat sunrise yang sangat cantik dan ditunggu-tunggu oleh para pendaki di arah timur. Kemudian, jika anda melayangkan pandangan ke arah utara, maka anda bisa melihat Gunung Sangiang yang berdiri kokoh.
Anda pun dapat menemukan kebun edelweiss yang boleh dipetik. Namun, untuk menjaga kelestariannya dan keindahan Gunung Pundu Nence, ada baiknya dibiarkan saja di tempatnya. Lama pendakian dari Lelamase menuju puncak Gunung Pundu Nence kurang lebih sekitar 7 hingga 8 jam perjalanan. (galank)

1 comments:

Post a Comment