Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Wednesday, 9 October 2013

BBGRM Kecamatan Wawo Bupati di Sambut dengan Atraksi Budaya


KM. LENGGE WAWO,- Kedatangan Bupati, Wakil Bupati beserta rombongan dalam rangkaian acara pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di kecamatan wawo senin (7/10) disambut meriah oleh masrakat kecamatan wawo di desa Ntori dengan berbagai atraksi budaya.


Antusias masyarakat menyambut kedatangan Bupati, Wabup beserta rombongan dalam safari BBGRM ini sudah terlihat sejak empat hari yang lalu. Berbagai macam persiapan yang di lakukan masyarakat yang ada dikecamatan Wawo untuk menyambut Bupati, Wabup dan rombongan BBRM, seperti tari menyambut kedatangan tamu, ntumbu dan lain-lain. Safari BBGRM dikecamatan wawo akan berlangsung selama dua hari. Hari pertama senin (7/10) bupati beaerta rombongan akan mengunjungi desa Ntori, Maria Utara, Maria, Pesa, Kambilo, Kombo dan Desa Raba. Pada hari kedua (8/10) Bupati akan berkunjung ke Desa Tarlawi dan Desa Kalate.


Masyarakat Desa Ntori berbaur menjadi satu bersama mayarakat desa-desa yang lain, kepala desa beserta jajaranya dan beserta jajaran Camat dan Muspika kecamatan menunggu kedatangan bupati sejak pukul 06.00 Wita. Antusias masyarakat Dataran tinggi ini cukup tinggi sekali. Kesempatan seperti ini di tunggu oleh masyarakat karena dapat mencurahkan isi hati mereka.

Bupati, Wabup beserta rombongan tiba di desa Ntori sekitar pukul 09.00 dan dirangkai dengan acara Silaturahmi dan sosialisasi APBD TA. 2013.

Bupati Bima H.Ferry Zulkarnain, ST dalam arahan mengatakan, “bidang kesehatan sebagai salah satu prioritas penting pembangunan daerah diberikan sejumlah dana. “Untuk operasional puskesmas se – Kabupaten Bima dialokasikan dana Rp 550 juta, biaya operasaional Puskesmas Pembantu Rp. 360 juta, biaya operasional bidan desa Rp.350 juta.

Untuk Jamkesda disediakan alokasi anggaran Rp. 544 juta, Jamkemas se – Kabupaten Bima disediakan alokasi anggaran Rp 4,3 milyar. Dana Jaminan Persalinan (Jampersal) dialokasikan dana Rp. 5 milyar klaim Rp. 650 ribu per persalinan. Pemberian makanan tambahan (Kadarzi) dialokasikan dana Rp. 1 milyar sedangkan Biaya operasional kesehatan (BOK) mencapai Rp. 5,4 Milyar.

Bupati Bima juga mengatakan pentingnnya gotong royong dalam kehidupan bermasyrakat. “Kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tahun 2013 ini, merupakan salah satu momentum penting, untuk menggugah hati kita, akan pentingnya gotong royong dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga,”terangnya.


Pada Malam harinya bertempat di Paruga Nae Kecamatan Wawo, Bupati Bima beserta masyarakat berkesempatan menggelar acara silaturahmi dan penyerahkan berbagai bantuan untuk masyarakat kecamatan Wawo. Pemerintah Kabupaten Bima melalui Wakil Bupati Bima Drs. H. Syafrudin H.M. Nur, M.Pd menyerahkan bantuan diberbagai sektor. Di bidang Kelautan dan Perikanan Kabupaten, Wabup menyerahkan bantuan PUMP Perikanan Budidaya kepada POKJA TP PKK Kecamatan Wawo Jaitun sebesar Rp. 65 juta. Bantuan lainnya berupa 25 kg garam beryodium kepada ketua TP PKK Kecamatan Wawo Rukmini.

Sejumlah 18 kelompok usaha bakulan dan perkiosan dengan total bantuan Rp.46,9. Bantuan diterima secara simbolis oleh Hasnah dari desa Maria dan Suhada dari desa Pesa. Dinas Sosial Kabupaten Bima juga menyerahkan dana kepada 4 KUBE di kecamatan Wawo masing-masing senilai Rp. 20 Juta yang diterima secara simbolis oleh Hafsah, dari desa Raba- Wawo.



Di bidang pertanian, diserahkan pula bantuan dari dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Bima berupa bibit Padi dan jagung. Untuk meningkatkan produktifitas pertanian diserahkan hak pengolahan lahan hasil percetakan sawah baru secara simbolis kepada Hasan, ketua kelompok tani So Sera desa Raba kecamatan Wawo. Untuk percetakan sawah baru diserahkan secara sembolis kepada Ketua Poktan Nggaro Jawa Nurdin HMS Rp. 275 juta. Sedangkan sarana dan prasarana keagamaan, dilakukan juga penyerahan bantuan masjid dan musholla se kecamatan Wawo dengan total 560 juta. sehingga jumlah total bantuan untuk kecamatan Wawo Rp. 1, 8 milyar.


Rangkain acara BBGRM tahun 2013 di Kecamatan Wawo pada hari terakhir, Bupati Bima beserta rombongan mengunjungi dua desa yang jauh dari pusat pemerintah kecamatan yaitu Desa Tarlawi dan Desa Kalate. Untuk menutup kunjungan safari BBGRM di Kecamatan yang berhawa dingin ini Bupati Bima berdialog dengan masyarakat dan menyerahkan sejumlah bantuan. (Efan)

0 comments:

Post a Comment