Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Tuesday, 26 November 2013

Dikes dan Camat Wawo Survei Lokasi Proyek Air Bersih


KM. LENGGE WAWO,- Pada tahun 2014 mendatang, Kecamatan Wawo bakal mendapat proyek pengadaan air bersih dari pihak pemerintah pusat. Menyongsong kehadiran proyek tersebut, Jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Bima bersama Camat Wawo dan kepala Desa Pesa, Sabtu kemarin (18/11) melakukan survey lokasi sumber mata air bersih di So. Sambu Desa Maria Kecamatan Wawo.
Proyek pengadaan air bersih tersebut diprioritaskan untuk ribuan warga Desa Pesa Kecamatan Wawo. Karena selama puluhan tahun, sebagian besar warga desa setempat terus mengalami kesulitan air bersih untuk kebutuhan hidupnya sehari hari.

Camat Wawo, Drs. Muhammad Rum, M.Si, usai melakukan survey lokasi sumber mata air di So Sambu Desa Maria mengatakan, berkat perjuangan dan lobinya bersama pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Bima ditingkat pusat. Maka pada tahun 2014 mendatang, Kecamatan Wawo dipastikan akan mendapat jatah proyek pengadaan air bersih dari pihak pemerintah pusat, dalam hal ini Kementrian terkait di Jakarta.
Menurutnya, proyek tersebut diperuntukan secara khusus bagi warga Desa Pesa Kecamatan Wawo, karena selama ini mayoritas warga desa setempat terus mengalami krisis air bersih. Bahkan untuk membantu mengatasi kesulitan air yang dialami warga Desa Pesa tersebut, pihaknya selaku kepala wilayah Kecamatan Wawo, setiap harinya terpaksa menyuplai air bersih untuk ribuan warga desa setempat, dengan menggunakan mobil tangki air bantuan dari pihak Pemkab Bima. “Air bersih yang didroping ke Desa Pesa ini diambil dari sumber mata Oi Wobo Desa Maria Kecamatan Wawo,” ujarnya.

Camat Rum menambahkan, berdasarkan rencana awalnya saat ini, pola pekerjaan proyek tersebut nantinya akan dibuatkan terlebih duhulu bak penampung di sumber mata air. Setelah itu akan dilanjutkan dengan pemasangan pipa sepanjang 9 Kilometer, karena jarak antara sumber mata air So. Sambu dengan wilayah Desa Pesa tersebut mencapai sekitar 10 Kilometer. Jika program dari pemerintah ini berjalan sukses, terutama mengalirkan air ke perkampungan warga Desa Pesa, maka seluruh masyarakat desa setempat pasti sangat senang dan bersyukur, karena merasa sudah bisa melepaskan diri dari belenggu kesulitan air bersih. “Untuk mendapatkan air bersih selama ini, warga Desa Pesa rela melakukan antri menunggu kedatangan mobil tangki air mulai dari pagi hari hingga tengah malam,” tandas Camat Rum. (Yar)

0 comments:

Post a Comment