Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Tuesday, 12 November 2013

Hujan Hari Senin Membawa Berkah


KM. LENGGE WAWO,- Perkiraan BMKG bahwa hujan akan turun di awal bulan November akhirnya terwujud juga, Senin (11/11) Kecamatan Wawo dan sebagaian dareah yang ada di Kabupaten Bima akhirnya diguyur hujan.

Walaupun intensitasnya rendah namun hujan di awal musim ini membawa berkah, cuaca panas yang dirasakan akhir-akhirnya ini seketika menjadi sejuk ketika tanah kering petani dibasahi hujan awal november ini.

Masyarakat Kecamatan Wawo adalah masyarakat yang sebagaian besar penduduknya adalah bertani, banyak petani yang berharap awal bulan Oktober yang lalu hujan semestinya sudah turun, karena para petani di dataran tinggi kabupaten bima ini sudah mulai mempersiapkan lahan untuk bercocok tanam.

Dikecamatan Wawo, para petani hanya mengandalkan lahan tadah hujan, artinya pada musim hujan saja mereka menggarap lahannya, karena daerah ini kurang memiliki bendungan-bendungan untuk menahan dan menyimpan air untuk menngarap sawahnya pada musim kemarau.

Ahmad, petani asal Desa Kombo ini berharap, hujan diawal november ini intensitasnya padat dan tinggi agar segera menggarap sawah. “ Kami kesulitan menggarap sawah karena hujan belum juga turun deras” ujarnya.

Hal ini juga yang diharapkan oleh Hamid, petani asal desa Raba “ Hujan awal bulan November dan hari senin ini merupakan berkah, semoga besok dan seterusnya curahnya tinggi” .

Para petani di kecamatan Wawo berharap pemerintah memperhatikan nasib mereka, karena kecamatan wawo ini merupakan daerah kering yang hanya mengandalkan air hujan untuk menggarap lahan pertanian. Mereka mengaharapkan sekali agar pemerintah membangun Waduk atau bangunan di beberapa titik-titik mata air agar sebagaian besar lahan pertanian bisa digarap dua atau tiga kali dalam setahun. (EI)

0 comments:

Post a Comment