Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Tuesday, 26 November 2013

Kelayakan Radio UHF PLN Wawo Ditinjau Tim Pengunji


KM. LENGGE WAWO,- Very High Frequency (VHF) atau dikenal dengan frekuensi tinggi pada setiap unit PLN Pos Jaga di Kabupaten Bima diuji oleh tim penguji dari Provinsi NTB. Kehadiran tim selain untuk menguji radio besar yang lama sekaligus mengevaluasi setahun dikeluarkan izin penggunan satu tahun untuk membuat izin penggunaan Ultra High Frequency (UHF) atau Frekuensi Ultra Tinggi.

Supervesor Operasi Jaringan PLN Areal Bima, Sunandar Hadi, mengatakan, hingga kini masih ada penggunaan radio besar pada setiap unit kerja PLN khususnya Pos jaga dan lainnya, tetapi dengan penggunaan alat komunikasi UHF ini seluruh unit kerja di lapangan akan memudahkan pelayanan. Penggunaan alat canggih itu petugas dapat berkomunikasi antara satu dan lainnya, sehingga tidak ada alasan untuk tidak memberikan pelayanan secara maksimal.


“Sejauh ini secara internal tidak ada kendala yang berarti di lapangan, sehingga antara petugas lapangan satu dengan lainnya bisa saling kontak sekaligus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya di kantor PLN Pos Jaga Wawo, Kamis (21/11).

Dulu, kata dia, sebelum ada HP dan lainnya, radio yang dimiliki oleh PLN sangat besar manfaatnya bagi masyarakat, termasuk aparat Koramil dan Polsek. Radio yang dimiliki PLN sangat bagus dan jangkauannya cukup luas, sehingga informasi melalui jaringan udara itu sangat cepat dan akurat. Namun, setelah adanya HP dan UHF ini petugas lebih akurat dan lebih cepat lagi memberikan informasi sekaligus melakukan tindakan perbaikan jika ada jaringan listrik yang rusak. “Kendala listrik banyak terjadi pada musim hujan kala ada tumbang pohon atau tiang akibat angin dan lainnya,” katanya.

Untuk pemadaman, kata dian intensitasnya hanya sedikit dan cepat diatasi karena daya pembangkit listrik belum mencapai beban puncak, terutama pada pukul 18.00 Wita hingga pukul 20.00 Wita. Namun, demikian PLN tetap memberikan yang terbaik jika ada keluhan dari masyarakat. “Kita berharap petugas dilapangan harus memberikan yang terbaik dan maksimal,” katanya.

Hal senada dikemukakan Kepala PLN Pos Jaga Wawo, Jarlis. Dengan adanya alat komunikasi UHF petugas sangat terbantu untuk memberikan pelayanan maksimal. Karena semua petugas bergerak terutama saat menghadapi kendala di lapangan. Radio Komunikasi itu sangat bermanfaat untuk keperluan lapangan, atau untuk perkantoran, didalam gedung, atau untuk pemakaian jarak dekat hingga jarak jauh.

“Jikapun ada kendala di lapangan akan dievaluasi dan diselesaikan dengan bekerja keras. Apalagi, kita sudah memiliki target kerja sudah diberikan pada setiap tahun. (HMN)

0 comments:

Post a Comment