Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Friday, 22 November 2013

Proyek Percetakan Sawah Baru, Tuntas


KM. LENGGE WAWO,- Pelaksanaan proyek percetakan sawah baru yang bersumber dari dana bantuan pemerintah pusat pada 11 desa di sembilan kecamatan se-wilayah Kabupaten Bima, yang dimulai sejak awal September 2013 lalu, saat ini sudah rampung seratus persen.

Kepala Bidang Rehabilitasi Pengembangan Lahan dan Perlindungan Tanaman (RPLPT) pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Bima, Muhammad, S.Pt, ketika ditemui koran ini diruang kerjanya mengatakan, pelaksanaan proyek percetakan sawah baru seluas 300 Hektar diwilayah Kabupaten Bima, yang dikerjakan oleh para Kelompok Tani sejak awal September 2013 lalu, saat ini tidak ada lagi yang tersisa, alias sudah tuntas seratus persen.


Dijelaskannya, sejumlah proyek percetakan sawah baru yang sudah rampung tersebut yakni, di Desa Mangge Kecamatan Lambu seluas 25 Ha, Desa Poja Sape 30 Ha, Desa Maria dan Maria Utara Kecamatan Wawo masing-masing seluas, 25 dan 20 Ha, Desa Sanolo Bolo 35 Ha, Desa Kalajena Wera 35 Ha, Desa Oi Panihi Tambora 30 Ha, Desa Rato dan Wane Parado masing-masing seluas, 25 dan 30 Ha, Desa Nipa Ambalawi 30 Ha serta Desa Campa Kecamatan Madapangga seluas 15 Ha. Dengan demikian, total keseluruhan sawah baru yang telah dicetak pada 11 desa di sembilan kecamatan diwilayah Kabupaten Bima dalam tahun 2013 ini mencapai, 334 hektar. Jumlah ini termasuk berbagai pengembangan yang dilakukan oleh para kelompok tani selaku pelaksana proyek di lapangan. “Selain mencetak sawah baru, para Kelompok Tani yang kita percayakan untuk mengerjakan proyek ini juga telah membuat jalan usaha tani di lokasi proyeknya masing-masing, dengan panjangnya mulai dari 0,5 hingga 2,5 Kilometer per kelompok,” ujarnya.








Diakuinya, dengan telah dicetaknya sawah baru seluas 334 hektar tersebut, seluruh masyarakat Kabupaten Bima, terutama para petani yang memiliki lahan pertanian di 11 lokasi yang dilalui program pemerintah pusat dimaksud, pasti merasa bersyukur dan bangga. Karena dengan adanya sawah baru tersebut tentunya dapat meningkatkan pendapatan ekonomi dan kesejahteraan bagi para petani, sekaligus sebagai upaya untuk mendukung program nasional pencapaian produksi 10 juta ton beras di tahun 2014 yang akan datang.

Selain itu lanjut Muhammad, berkat perjuangan dan lobinya yang cukup panjang  di pemerintah pusat, dalam hal ini Kementrian terkait di Jakarta. Maka pada tahun 2014 mendatang, Kabupaten Bima dipastikan bakal mendapat lagi jatah proyek percetakan sawah baru, bahkan jumlah alokasinya lebih banyak dari tahun 2013 ini, yakni mencapai 1500 Hektar. “Seluruh masyarakat, terutama para petani diwilayah Kabupaten Bima saat ini harus bersyukur. Karena dalam tahun 2014 nanti, kita sudah pasti dapat program percetakan sawah baru lagi dari pusat, bahkan luas lokasinya mencapai 1500 Ha dari yang kita usulkan beberapa waktu lalu sebanyak 2000 hektar,” tandasnya. (Yar)

0 comments:

Post a Comment