Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Senin, 30 Desember 2013

Kiprah Pengrajin Batu Akik di Desa Maria


KM. LENGGE WAWO,- Wawo adalah Kecamatan dengan sejuta potensi. Selain beberapa potensi wisatanya, potensi kerajinan asli daerah pegunungan Kabupaten Bima ini juga menjadi andalan untuk mendongkrak perekonomian daerah. 

Adalah kerajinan batu akik Desa Maria, yang keberadaannya sangat terkenal di Kabupaten Bima, dan menjadi referensi para pecinta batu akik untuk berduyun-duyun mengunjungi pusat kerajinan batu akik, di Desa Maria, Kabupaten Bima.
Banyaknya potensi batu mulia di daerah ini membuat warga sekitar segera mengolahnya menjadi kerajinan seni bernilai tinggi. Beberapa warga di Desa Maria membuat industri rumahan sendiri untuk menjual batu akik Wawo. 


"Kurang lebih ada sekitar 5 rumah di sini yang membuka sendiri kerajinan home industry batu akik," kata Haryawan, salah satu pengrajin batu mulia dari Dusun Sanolo, Senin (30/12/2013) pagi.
Namun potensi batu akik Wawo belum berkembang secara maksimal. Itu terlihat dari pengelolaan salah satu produksi batu mulia ini yang hanya dikelola mandiri atau secara oleh swadaya masyarakat setempat. 

"Kita sih bisa mengelola sendiri, namun ya hasilnya seperti ini. Kalau hari biasa agak sepi pembeli, tapi kalau pas ada kegiatan,seperti Hari jadi Bima, seperti kemah pramuka yang berlangsung kemarin, ramai pak," tandas Haryawan, yang juga adalah staff tidak tetap di SMPN 1 Wawo.
Sanolo yang merupakan salah satu Dusun di Desa Maria ini memang memiliki keunggulan potensi, yakni potensi batu akik atau batu mulia yang tidak dimiliki daerah daerah lain di Bima. Sejak dahulu batu akik Wawo yang menjadi trade mark Batu akik daerah Bima dan bahkan pemasarannya sudah sampai ke luar daerah.


"Biasanya para Tamu pejabat itu pak yang sering memesan barang disini,bahkan banyak mahasiswa Wawo yang memesan batu akik karena pesanan dari dosen dosen mereka diluar daerah. Kalau ke sini keunggulannya harganya bisa lebih murah karena di sentra produksinya langsung," terang Haryawan. (galank)

18 komentar:

  1. Semoga ini akan menjadi ramai dan Membantu kebutuhan ekonomi di Desa maria khususnya.

    BalasHapus
  2. Lebih bgusnya lagi seandainya ada perhatian dari pemerintah!

    BalasHapus
  3. Bisnis ini mudah mudahan semakin melaus

    BalasHapus
  4. Yang berminat silakan menghubungi contact KM.LENGGE WAWO,atau nomor : 085338436666

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebune coiín ma jao ede galang,...
      anw heba binis sia kmanaehhh
      hehehehe..
      pata nahu wati ngomi galang,..

      Hapus
    2. pata ne,,,,hubungi nomor ane ke : 085338436666

      Hapus
  5. semoga menjadi awal untuk meraih kesuksesan selanjutnya :)

    BalasHapus
  6. bisnis harus dikembangkan dan dilestarikan oleh pemerintah

    BalasHapus
  7. sebagai generasi penerus bangsa kit wajib melestarikan budaya leluhur kita sebagai bukti kita cinta indonesia

    BalasHapus
  8. Yg paling bagus batu apa jenisnya pak? Bisa kasih lihat gambarnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak macamnya....kalo mau gambarnya,bisa langsung buka / inbox di facebook "galank ehm"..

      Hapus
  9. kisaran harga batunya berapa kang?

    BalasHapus
  10. galang wara eda wadu panca warna wara deka sms nahu ake no nahu re 0 waru lima pidu pidu ica 55 ciwi ciwi upa upa..

    BalasHapus
  11. maju terus batu akik wawo....

    BalasHapus