Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Wednesday, 11 December 2013

Proyek DAK di SMPN 1 Wawo, Rampung


KM. LENGGE WAWO,- Pelaksanaan proyek bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2013, berupa rehabilitasi sebanyak empat lokal ruang kelas di SMPN 1 Wawo, yang dikerjakan secara swakelola oleh pihak sekolah mulai pertengahan Oktober 2013 lalu, saat ini sudah rampung seratus persen.

Kepala SMPN 1 Wawo, Mulyadin, S.Pd. M.Pd, ketika ditemui oleh kami diruang kerjanya mengatakan, empat lokal ruang belajar siswa yang telah direhab atau diperbaharui tersebut, antara lain, bagian atap seng (Multiruf), kayu kap, plavon, keramik, kosen jendela, daun pintu, tembok-tembok yang retak serta pemasangan instalasi listrik pada empat ruangan dimaksud. “Dalam mengerjakan proyek DAK ini, kami sangat mengutamakan mutu dan kualitasnya. Karena gedung sekolah, terutama empat ruangan ini bukan untuk kebutuhan sesaat, tapi untuk proses KBM siswa selama beberapa tahun kedepan,” ujarnya.

Menurutnya, total anggaran untuk proyek rehabilitasi empat ruang kelas di sekolah yang dipimpinnya tersebut berjumlah sebanyak, Rp. 180 juta,  dengan rincian masing-masing ruangan menghabiskan dana senilai, Rp. 45 juta. Pihaknya mengaku telah memanfaatkan anggaran yang diberikan oleh Negara tersebut dengan baik dan benar sesuai juklak juknis yang ditentukan. “Anggaran bersumber dari DAK ini merupakan amanah yang diberikan oleh Negara untuk masyarakat, makanya kita harus jalankan amanah ini dengan baik dan benar untuk kemaslahatan, terutama untuk para anak didik saya di SMPN 1 Wawo,” cetusnya.

Berkat suntikan dana dari pemerintah tersebut lanjut Mulyadin, pihaknya bersama para dewan guru, pegawai dan seluruh siswa-siswinya yang berjumlah sebanyak 406 orang, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnaian, ST, yang telah memberikan bantuan dana untuk perbaikan empat ruangan belajar siswa di SMPN 1 Wawo. Sebelum direhab, kondisi keempat ruangan ini sudah rusak parah, bahkan sangat kumuh, tapi sekarang sudah kelihatan cantik dan megah seperti gedung yang baru dibangun. “Kami sudah menyelesaikan perbaikan empat ruang kelas, tugas kita sekarang tinggal menjaga dan merawatnya. Silahkan masyarakat, terutama para walimurud melihat dan menilai hasil pekerjaan yang kami lakukan ini,” akunya.

Mulyadin menambahkan, meski telah mendapat kucuran dana untuk rehabilitasi empat ruang kelas tersebut. Namun pihaknya masih mengharapkan kepada pihak pemerintah daerah Kabupaten Bima, agar memberikan bantuan dana lagi untuk pengadaan meja kursi (Meubler), paling lambat tahun 2014 mendatang. Karena sebagian besar atau 60 persen meubler di SMPN 1 Wawo, saat ini kondisinya sudah rusak parah bahkan patah,  lantaran usianya rata-rata sudah mencapai 15 tahun keatas. “Makanya kami minta meubler yang lebih representatif dari pihak pemerintah, supaya proses KBM siswa di SMPN 1 Wawo ini dapat berjalan dengan tenang, nyaman dan lancar, sekaligus untuk lebih meningkatkan mutu pendidikan di Kecamatan Wawo dan umumnya diwilayah Kabupaten Bima,” tandas Mulyadin. (AHYAR)

0 comments:

Post a Comment