Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Kamis, 23 Januari 2014

SDN 62 Kota Bima Tuntaskan program Calistung


KM LENGGE WAWO,- Ada yang menarik yang dilakukan jajaran guru di SDN 06 Kota Bima, terutama 28 guru sukarelah. Apakah itu? Guru menangani siswa kelas III hingga kelas VI untuk menuntaskan siswa dari program membaca, menulis dan berhitung (Calistung). Kegiatan itu dilakukan sebelum jam pelajaran dimulai.


Kepala SDN 06 Kota Bima, Muhammad Sidik, S.Pd, mengatakan, jumlah siswa sebanyak 97 siswa, 12 guru negeri dan 28 guru sukarela. Siswa kelas III hingga kelas VI disekolahnya tidak ada lagi yang tidak bisa membaca, menulis dan berhitung. Program itu lebih diutamakan dibandingkan pendidikan lain. Namun, jika anak-anak sudah bisa melakukan tiga hal itu, maka pengetahuan yang lain akan mudah dikuasai. Bahkan, jajaran guru berkomitmen untuk menuntaskan program Calistung mulai dari kelas I dan II, sehingga saat menduduki kelas III dan VI sudah tidak ada lagi yang belum tahu Calistung.

Maka tidak heran, katanya, guru-guru sukarela mengabdikan ilmunya untuk mendidik siswa agar bisa Calistung. Caranya, setiap guru mengajar tentang Calistung pada dua hingga tiga siswa terutama yang belum bisa Calistung. “Saya baru enam bulan menjadi kepala sekolah dan bersyukur anak-anak sudah menguasai Caistung.

Bukan hanya itu, katanya, siswa kelas I dan II juga lebih diutamakan menguasai dasar ilmu itu, sehingga ditargetkan memasuki kelas tiga tidak ada lagi alasan belum bisa membaca, menulis dan berhitung. Tidak hanya itu, siswa juga disertakan mengikuti lomba olimpiade matematika dan IPA. Bahkan, meraih urutan keempat bidang matematika tingkat Kecamatan Rasanae Timur. Namun, untuk tingkat Kota Bima hingga kini hasilnya belum diketahui.

Pada Ujian Nasional, katanya, siswa di sekolahnya lulus semua dengan nilai tertinggi 9,40 dan nilai terendah 7,15. “Kita harapkan tahun ini juga bisa memertahankan hasil itu dengan nilai yang lebih baik lagi. (HMN)

1 komentar:

  1. Program yang bagus itu Bapak / Ibu guru,,,teruskan...

    BalasHapus