Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Wednesday, 21 May 2014

Desa Maria Menuju Desa Wisata 2016




KM.LENGGE WAWO,- Desa wisata adalah sebuah kawasan pedesaan yang memiliki karakteristik khusus untuk menjadi daerah tujuan wisata. Saya ambil sampelnya salah satu desa di Kecamatan Wawo yaitu desa Maria,Di kawasan desa Maria ini, penduduknya masih memiliki tradisi dan budaya yang relatif masih asli.
Selain itu, beberapa faktor pendukung seperti makanan khas masih banyak kita temui di desa Maria, sistem pertanian dan sistem sosial turut mewarnai kawasan desa Maria. Di luar faktor-faktor tersebut, alam dan lingkungan yang masih asli dan terjaga merupakan salah satu faktor terpenting dari sebuah kawasan tujuan wisata. Ada pula definisi yang lebih teoritis. Desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung yang disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku. Ada dua komponen utama yakni akomodasi dan transaksi. (Nuryanti, Windu : 1933).


Secara konseptual desa wisata didefinisikan sebagai berikut : “Suatu kawasan pedesaan yang menawarkan keseluruhan suasana yang mencerminkan keaslian pedesaan baik dari kehidupan sosial ekonomi, sosial budaya, adat istiadat, keseharian, memiliki arsitektur bangunan dan struktur tata ruang desa yang khas, atau kegiatan perekonomian yang unik dan menarik serta mempunyai potensi untuk dikembangkannya berbagai komponen kepariwisataan, misalnya : atraksi, akomodasi, makanan-minuman, dan kebutuhan wisata lainnya.” (Pariwisata Inti Rakyat, 1999).

Desa Maria masih mencerminkan keaslian suatu pedesaan sesuai dengan syarat syarat sebuah desa yang bisa menjadi desa wisata, memiliki arsitektur tata ruang desa yang khas dimana rumah rumah penduduk masih mengadopsi bentuk dari rumah tradisional khas masyarakat Wawo yaitu uma lengge. Serta mempunyai beberapa titik tempat wisata yang notabene masih ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun domestik seperti pasanggrahan Wawo, Situs cagar budaya lengge Wawo, Kampung Wisata Tarlawi,dan masih banyak lagi spot spot wisata lainnya.

Ada beberapa persyaratan dalam pelaksanaan sebuah desa menjadi desa wisatayang telah dimiliki oleh desa Maria , antara lain :



1. Aksesibilitasnya baik, sehingga mudah dikunjungi wisatawan dengan menggunakan berbagai jenis alat transportasi. Akses transportasi yang lancar adalah salah satu keunggulannya

2. Memiliki obyek-obyek menarik, berupa alam, seni budaya, legenda/cerita rakyat, makanan khas lokal , dan sebagainya untuk dikembangkan sebagai atraksi wisata.

3. Masyarakat dan aparat desa menerima dan memberikan dukungan yang tinggi terhadap desa wisata serta para wisatawan yang datang ke desanya.

4. Keamanan di desa terjamin.

5. Tersedia akomodasi, telekomunikasi, dan tenaga kerja yang memadai.

6. Beriklim sejuk atau dingin.

7. Berhubungan dengan obyek wisata lain yang sudah dikenal oleh masyarakat luas.



Ada berbagai macam atraksi yang dikembangkan di desa wisata, yaitu :

1. Kegiatan persawah ladangan.

2. Kegiatan kesenian desa . Wisatawan terlibat langsung dalamkegiatan kesenian desa,seperti seni tari, seni tenun, masak-memasak dan sebagainya.

3. Kegiatan olahraga dengan masyarakat desa. Wisatawan dimungkinkan untukterlibat berbagai olahraga langsung dengan alam pedesaan, misalnya tracking, jogging sepanjang pematang swah, jalan kaki menyusuri wilayah desa.

4. Kegiatan upacara. Pada upacara-upacara tertentu dengan persyaratan tertentu perlu dikembangkan kemungkinan wisatawan ikut terlibat di dalamnya, baik persiapan maupun pelaksanaan upacara.



Namun suatu halyang masih kurang untuk desa Maria adalah kurangnya akomodasi dan tempat penginapan untuk para wisatawan,yang biasanya digunakan selama ini dalah pasanggrahan oi wobo. Sekarang mari kita mulai berbenah untuk kemajuan daerah kita menyongsong desa Maria menjadi desa wisata. (GALANK)

0 comments:

Post a Comment