Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Monday, 19 May 2014

Paruga Toi Desa Kombo Desak di Fungsikan


KM LENGGE WAWO,- Masyarakat Desa Kombo kini tidak mengalami kesulitan lagi mencari tempat untuk mengadakan kegiatan sosial kemasrakatan. Kesulitan itu  terjawab sudah setelah pembangunan gedung Aula serba guna atau dalam bahasa bima Paruga To’i rampung dibangun awal maret lalu. 


Pembangunan Paruga Toi ini dikerjakan dari APBD Kabupaten Bima tahun 2013. Selama 1 tahun lebih pihak CV yang mengerjakan bekerja sesuai dengan target dan desakan masyarakat Desa Kombo untuk segera diselesaikan secepatnya.

Kapala Desa Kombo, Bunyamin, S. Pd ditemuai di ruang kerjanya di Balai Desa menjelaskan, sebelum ada Paruga Toi ini, masyarakat Desa Kombo sulit mencari tempat untuk kegiatan sosial kemasrakatan mauapun kegiatan warga sendiri.  Kalau ada hajatan sperti nikah kami harus mencari dan numpang ke Desa Raba yang mempunyai tanah lapang, kadang-kadang juga halaman rumah warga sendir yang tidakbegitu luas dipakai untuk pernikahan atau hajatan doa warga.

“Kini setelah pembangunan Paruga Toi rampung kesulitan masyarakat terjawab sudah, segala kegiatan masyarakat akan tersentral di sini, baik itu pernikahan, Doa kampung, MQ dan kegiatan lainnya”. Kata kades muda ini.  

Lebih lanjut Bunyamin mengungkapkan bahwa hanya Tangga menuju Paruga Toi saja yang dikerjakan dengan anggaran dari Desa, sedangkan banguna nparuga Toi secara keseluhan dibangun dari APBD Kabupaten Bima. Tahap berikutnya kami menunggu penyerahan dan diresmiukan oleh Bupati Bima kepada kami bulan juni atau juli kedepan. Kemudian pemerintah desa akan menata tamannya.

Masyarakat Desa Kombo mendesak agar banguna Paruga To’i ini segera di gunakan karena  semakin banyak kegiatan masyarakat awal-awal bulan juni sampai dengan agustus 2013 nanti. Masyarakat Desa Kombo, Husain berharap pemerintah segera meresmikan Paruga Toi ini karena kami sangat membutuhakn untuk kegiatan masrakat. “Sudah hampir 1 bulan paruga To’i rampung pembangunanya, kami berharap segera difungsikan”, kata Husain.

Senada dengan Hasan Alwi, mengatakan Paruga Toi saat ini sangat kami butuhkan apalagi menjelelang liburan dan bulan puasa, akan banyak kegiatan masyarakat misalnya sunatan, nikah maupun Mq. “Kami harap Kepala Desasegera menemui Bupati Bima untuk segera meresmikan Paruga Toi ini”, kata Hasan. (Efan)

0 comments:

Post a Comment