Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Wednesday, 14 May 2014

Tekan Kematian Ibu dan Bayi, PKM Wawo Buka Kelas Ibu Hamil


KM LENGGE WAWO,- Sebanyak 20 orang ibu hamil yang berada di Desa Kombo dan Raba mengikuti kegiatan Kelas Ibu Hamil di Aula kantor Desa Kombo. Kegitan ini merupakan program rutin Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Wawo dari dana Bantuan Kesehatan Masyarakat (BOK).

 
Kelas Ibu Hamil merupakan salahsatu program yang rutin dilaksanakan Puskesmas,di adakan di setiap Desa yang berada di wilayah kecamatan Wawo. Bidan Desa mendata jumlah ibu hamil dan mendaftarkan ke kelas ibu hamil untuk tetap diberi penyuluhan tentang kehamilannya.

Kegiatan Kelas Ibu Hamil menjelaskan tentang pengurusan kehamilan, Imunisasi buat ibu hamil,Perilaku Hidp Bersih (PHB), asupan gizi, proses pemeriksaan kehamilan sampai dengan proses kelahiran dan mengurus balita.

Koordinator Tenaga Promosi Kesehatan (Promkes) Puskesmas Kecamatan Wawo, Ibnu Zubair, S.Kep mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan rutin untuk ibu hamil disetiap desa. Untuk menekan angka kematian ibu hamil dan bayi saat melahirkan dijelaskan juga tentang persalinan gratis yang dilakukan oleh bidan merupakan program JKN-NTB bagi yang tidak punya kartu BPJS. “ Kami juga menjelaskan bahwa jangan takut tentang proses persalinan, karenan persalinan yang dilaukan oleh bidan desa gratis tanpa dipungut biasa”, kata Zubair.

Jubair juga menjelaskan tentang 10 indikator bagi ibu hamil, yaitu persalinan dilakukan oleh tenaga kesehatan, memberikan ASI eklusif bagi bayi berumur 0-6 bulan, menimbang bayi dan balita setiap bulan di posyandu.

Disamping penyuluhan dan penjelasan tentang ibu hamil, pada saat kegiatan ini dilaukan juga senam ibu hamil. Bidan desa Raba dan Kombo, Suciyati, S.Keb dan Yati Lismulyati, S. Keb menjelaskan tentang pentinggnya mengikuti kelas ibu hamil dan senam ibu hamil. “Mengikuti kelas ibu hamil dan senam ibu hamil sangat bermanfaat agar tau apa yang dilakukan, termasuk pemeriksaan rutin saat usia kehamilan”, ujar yati.

Peserta kelas ibu hamil Lis Maryanti (28) warga desa Kombo mengapresiasi kegiatan seperti ini karena membantu kami dalam masa kehamilan.”Saya selalu mengikuti kegiatan kelas ibu hamil dan senam kehamilan ini, karena sangat bermanfaat bagi kami”ujar lis, yang didampingi suaminya. (Efan)

0 comments:

Post a Comment