Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Friday, 13 June 2014

Guru Diharap Mengimplementasikan Kurikulum 2013

KM LENGGE WAWO,- Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bima, Tajudin, SH., M. Si membuka secara simbolis Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 tingkat SLTP dan SD se Kabuapten Bima di Aula Kantor Dinas Dikpora Kabupaten Bima Jumat (13/6). 


Hadir dalam acara pembukaan dan rapat persiapan pembahasan dan teknis pelaksanaan pelatihan implementasi kurikulum 2013 tersebut, Tim dari LPMP NTBkepala Dinas Dikpora, Sekretaris Dikpora, Kabid Dikmen, Kabid Dikdas, KUPT, kepala sekolah, pemateri tingkat nasional se kabupaten Bima.

Dalam arahanya kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bima, Tajudin memaparkan bahwa pelatihan implementasi kurikulum 2013 ini diikuti oleh suluruh guru sasaran di tingkat SD dan SLTP yang ada dikabupaten Bima. Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, dimulai jam 07.00 hingga jam 16.00 dari tanggal 4 juni sampai 18 Juni tahun 2014.

“Kegiatan ini dilaksanakan di setiap sekolah inti di beberapa wilayah, misalnya di SDN 2 Maria untuk kecamatan Wawo dan Lambitu. Tingkat SLTP dilaksanakan di SMPN 1 Bolo dan SMPN 3 Woha. Masing-masing di sekolah pelaksana sudah ditentukan oleh pemerintah pusat panitia penyelenggara yang diketuai oleh KUPT dan kapala sekolah inti.  Panitia tugasnya mempersiapkan tempat dan fasilitas yang dibutuhkan untuk kegiatan tersebut. Begitupun guru sasaran yang akan dilatih sudah ditentukan oleh pusat ”, ujat tajudin.

Lebih lanjut Tajudin mengatakan, Tujuan utama dilaksanakan kegiatan ini adalah bagaimana guru sasaran bisa meng implementasi kurikulum 2013, agar mampu menerapkan ke siswa didiknya. Guru-sasaran yang mengikuti pelatihan ini akan di nilai oleh instruktur nasional yang menjadi pendamping dan menilai kegiatan ini.

Kegiatan ini di hari pertamanya sabtu (14/6)nanti akan dimonitoring oleh Bupati Bima sebagai ketua panitia tingkat Kabuapten di SMPN 1 Bolo dan beberapa tempat sekolah penyelenggara akan hadir panitia kabupaten dari Tim Dikpora Kabupaten Bima dan sebanyak 36 tim dari LMPM NTB.

Panitia dari LMPM NTB dalam rapat tersebut juga memaparkan teknis pelaksanaan, dalam pelaksanaan tersebut terdiri dari 4 kelas di SD masing-masing kelas terdiri dari 32 peserta guru sasaran dan didampingi oleh 2 orang pemateri nasoinal (JP).Pada awal kegiatan nantinya akan diadakan pre test bagi guru sasaran agar bisa tahu pembagian kelompok dalam kelas.

“Pada awal dan akhir kegiatan tersebut akan di adakan tes., hal ini lakukan untuk bisa menilai kemampuan guru sasaran, bagi yang memenuhi nilai tes akhir dan keselurahan nilai kegiatan maka akan diberikan sertifikat kelulusan pelatihan implementasi kurikulum 2013, sedangkam bagi yang tidak lulus maka hanya diberikan surat keterangan telah mengikuti kegiatan ini, dan akan mengikuti ulang pelatihan tahun depan”, ujar Tim LPMP NTB ini. (Efan)

0 comments:

Post a Comment