Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Saturday, 28 June 2014

KPU Gelar Bimtek di Wawo


KM LENGGE WAWO,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menggelar bimbingan teknis (Bimtek) untuk penyelenggara Pemilu Presiden 9 Juli mendatang ditingkat Kelompok Penyelenggra Pemungutan Suara (KPPS), PPS, PPK di Aula SMAN 1, Kecamatan Wawo, Jum’at (26/6).


 
Bimbingan Teknis ini diselenggarakan untuk memberikan pemahaman dan sosialisasi pengisian C1 dan Form lainnya kepada KPPS yang di wakilkan oleh ketua dan 2 orang anggotanya, anggota PPS di 9 desa dan anggota PPK yang ada di Kecamatan Wawo.

Dalam bimbingan teknis ini peserta penyelenggra Pilpres diberikan CD dan buku panduan penyelenggaraan Pilpres untuk disosialisasikan kembali kepada anggota KPPS lainya agar semua memahami tatacara saat Pilpres nantinya.

Pada kesempatan pelaksaan Bimtek, disamping diberikan materi, petunjuk dan tatacara pengisian C1 serta form lainnya KPU Kabupaten Bima juga memberikan simulasi cara pengisian langsung form C1 dengan cara memeberi contoh kasus seperti pengisian Daftar Pemeilih Tetap (DPT), DPT Tambahan, DPT Khusus, Suara sah, Tidak sah dan lainya.

Ketua KPU Kabupaten Bima, Nursusilawati, S. Ip memaparkan dalam arahanya bahwa seluruh anggota Penyelenggara Pemilu dari tingkatan KPPS, PPS dan PPK harus bisa dan mengetahui sedetail mungkil tatacara pengisian Form-form pada Pilpres nantinnya. “Semua yang berhubungan dengan Pilpres, penyelenggara seperti KPPS, PPS dan PPK harus mempelajari cara pengisian data pada saat Pilpres, DPT dan logistik lainya, jangan sampai tidak mengerti dan saling lempat tanggung jawab saat hari H natinya”, ujar Susilawati.

Lebih lanjut Ketua KPU menekankan, Kita harus menghindari sedikitpun kesalahan pengisian Form C1, karena menyangkut data DPT, jumlah kartu suara, suara terpakai ada dalam Form C1. Ketua KPPS jangan sampai lupa untuk menanda tangani kartu suara untuk pemilih. “ Sering terjadi kesalahn pada kartu suara untuk pemilih tidak ditandatangani oleh ketua KPPS, ini fatal kesalahannya, jadi harus benar-benar diperhatikan”, katanya.  (Efan)

0 comments:

Post a Comment