Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Saturday, 7 June 2014

Usaha Ekonomi Kreatif Perlu Didorong


KM LENGGE WAWO,- Aneka hasil  Usaha Ekomi kreatifitas masyarakat dan hasil kebun dan ladang milik masyarakat desa Maria di gelar di stand khusus ekonomi kreatif warga desa Maria pada saat Tim penilai Lomba Desa Terintegrasi dengan lomba Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sejahtera (P2WKSS) Tingkat Provinsi NTB. Stand khusus ini menjadi perhatian seluruh rombongan dan tamu karena keragaman dan produk olahan panganan lokal serta hasil kreatifitas warga di pamerkan untuk dijual kepada pengunjung.


 Ketua tim  Ir Tajudin R Fandi, M.Sc, mengapresiasi khuusus stand ini karena aneka jajanan tradisional, obat tradisional serta hasil kebun ditampilakan di stand. Perkembangan dan kemajuan ekonomi kreatif warga perlu di dukung  dan diberi perhatian khusus agar mereka mampu tetap mengembangankan usaha ekonomi kreatif mereka.

“Pemerintah harus terus mendorong usaha ekonomi masyarakat yang berbasis Ekonomi tradisional, terutama produk-produk lokal yang lahir dari masyarakat sendidiri”, ujar ketua Tim lomba Desa ini.

Salahsatu pemilik usaha pembuatan makanan khas tradisional, julhijah (62) mengaku usaha pembuatan makanan khas tradisional yang digelutinya ini sudah berlangsun g puluhan tahun. Usaha ini diminati oleh masyarakat dan banyak yang pesan. Kesulitanya mengembangkan usaha ini agar lebih dikenal dan memasarkannya.

Julhijah mengaku, “Makanan yang berbentuk seperti bubur ini merupakan makanan tradisional untuk menghagatkan badan serta menghilangkan rasa capek. Terbuat darirempah-rempah yang ada di Desa Maria”,pintannya.

Disamping itu beragam anyaman rotan untuk tempat –tempat buku serta tempat priuk ditampilkan saat penilaian itu. Ahmad salahsatu pengrajin anyaman mengaku usaha ini sudah sejak lama. Ahmad hanya menerima pesanan dari masyarakat di Wawo bahkan dari luar Wawo seperti kabupaten Bima, Dompu.

Beragam usaha kreatif lain juga ditampilkan seperti  usaha membuat tenun ikat, tembe nggoli (Sarung Bima), Mina sambi , hasil kebun masyarakat dan kuliner tradisional Desa Maria. (Efan)

0 comments:

Post a Comment