Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Tuesday, 15 July 2014

Lomba Desa Diharapkan Mampu Meningkatkan Pelayanan Publik

KM LENGGE WAWO,- Pemerintah menggelar Lomba Desa bukan sekadar hanya menampilkan dan menonjolkan kelengkapan administrasi dalam indikator penilaian sesaat saja, tapi lomba desa ini diadakan dan tetap dipertahankan oleh pemerintah pusat untuk mengetahui sejauh mana kinerja pemerintah Desa sebagai pemerintah rill tingkat bawah yang berhadapan lansung denga berbagai persoalan yang ada dimasyarakat.


Beberapa hal yang ingin dicapai dalam lomba desa ini antara lain, Sejauh mana kinerja pemerintah desa melaksanakan dan menindak lanjuti kebijakan-kebijakan pemerintah pusat, propinsi dan kabupaten, bagaimana  inovasi dan kreatifitas pemerintah desa, ajang untuk memotifasi dan menyemangati pemerintah tingkat bawah yang sehari-hari menghadapi kompleksitas persoalan yang ada dimasyarakat.

Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melalui ketua Tim penilai lomba desa tingkat Nasional Drs. Imran mengatakan bahwa dengan lomba desa ini diharapkan kepada masyarakat dan pemerintah desa sebagai pemerintah tingkat bawah yang berhadapan langsung dengan masyarakat untuk tetap konsisten mempertahankan kegiatan atau rutinitas seperti saat lomba Desa ini.

Dalam Lomba Desa ini berbagai indikator penilaian diisi, maka seperti tulah dalam rutinitas kegiatan pemerintah desa. Aktif mengetahui persoalan yang ada dimasyarakat, tertib dalam administarsi desa dan konsisten dalam melayani masyarakat, hal seperti inilah yang ingin dicapai oleh pemerintah pusat.

Lomba Desa bukan sekedar kegiatan seremonial untuk mencapai atau mendapatkan juara semata sehingga berbagai cara dilakukan untuk memoles atau memanipulasi data atau lingkungan, tapi bagaimana kita menghadapi realita kekuranggan data, administrasi, lingkungan, dan keaktifan para pelayan masyarakat dipemerintahan untuk lebih diperbaiki atau ditingkatkan kinerjannya.

Pemerintah Desa juga harus mampu melayani masyarakat dengan baik memberikan pelayan yang baik ke masyarakat, karena pemerintah desa adalah ujung tombak dari pemerintah pusat. (Efan)

0 comments:

Post a Comment