Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Thursday, 14 August 2014

Dapodikdas Versi 3.00 Dirilis, Operator Siap Bekerja

 
KM LENGGE WAWO,- Operator data Pendidikan (Dapodik) Tahun ajaran baru 2014-2015 ini akan mulai disibukan dengan pengisian data Dapodik 2014 yang dirilis oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementrian Pendidkan dan Kebudyaan Republik Indonesia sejak Rabu (6/8) yang lalu. 


Berdasarkan surat edaran Direktur Jenderal pendidika dasar, Hamid Muhammad, P. Hd yang kami dowload di websait kemendikbud http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/  yang bernomor  301 5 /c/LK/2014 tentang penjaringan DAPODIKDAS tahun pelajaran 2014/2015 yang ditujukan kepada kepala dinas propinsi, kabupaten/kota, kepala-kepala sekolah se indonesia.

Bulan Agustus ini diharapkan kepada sekolah-sekolah untuk segera menjaring data Dapodik, mengangkat Operator Dapodik dan mendowload Aplikasi Dapodim terbaru 3.00. di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/unduh

Tahun ajarab baru 2014/2015 ini Pendidik dan tenaga kependidkan serta peserta didik akan memulai awal tahun pelajaran semester ganjil dengan pemberlakuan kurikulun tahun 2013 juga dibeberapa sekolah yang telah siap menerapkannya.

Penerapan kurikulum 2013 ini juga merupakan salahsatu data isian untuk pengisian data Dapodik 2014 disekolah-sekolah.

Sistem aplikasi Data Pokok Pendidikan Pendidikan Dasar (Dapodikdas) adalah aplikasi penjaring data pokok pendidikan pada kelompok jenjang pendidikan dasar di lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMDIKBUD). Entitas data Pokok tersebut meliputi yaitu : Sekolah Termasuk sarana dan prasarana di dalamnya, PTK , Peserta Didik dan Proses Pembelajaran didalam rombongan belajar (Rombel).

Data Aplikasi DAPODIKDAS digunakan sebagai acuan data dalam program-program KEMDIKBUD di tingkat pendidikan dasar. Apabila sekolah tidak berpartisipasi aktif, akibatnya adalah kerugian bagi sekolah dikarenakan apabila data tidak sampai ke KEMDIKBUD maka kebijakan bagi sekolah dalam program-program kementrian tidak akan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan sekolah.  

Peran Operator adalah cukup penting dalam pengisian data Dapodik ini, karena semua data penting PTK dan PD serta sekolah tergantung kepada hasil isin Operator Sekolah atas tanggung jawab kepala Sekolah.(Efan)

0 comments:

Post a Comment