Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Friday, 29 August 2014

Festival Karaton Nasional IX, ASI Mbojo Berbenah

 
KM LENGGEWAWO.- Festival Karaton Nasional IX (FKN) di Bima, berskala nasional yang berlangsung tanggal 6-10 September 2014 mendatang yang dihelat di Musium Asi Mbojo tinggal beberapa 6 hari lagi, berbagai persiapan yang dilakukan oleh panitia dan pemerintah kota maupun kabupaten Bima, salahsatunya adalah pembenahan ringan lantai atau paving blok yang berada di halaman Museum Asi Mbojo.
 
 Hal ini diakui oleh salahsatu pekerjanya, Rahmat, Warga Salama Kota Bima, ketika saya bertandang untuk memantau persiapan Festifal Keraton Nasional tersebut di halaman ASI Mbojo. Rahmat mengakui, bahwa pembenahan ringan seperti perbaikan paving blok dihalamam depan, cat pagar dan sebagainya sudah dilakuakan beberapa minggu yang lalu” saya dan tema-teman saya sudah bekerja 35 hari yang lalu untuk membenahi lantai halaman Istana Kesultanan Raja Bima ini, sedangkan pekerjaa yang lain juga mengecat pagar maupun batu hiasan dan lain-lain untuk menyambut tamu kerajaan se Nusantara”, ujar Rahmat.
  
 
 Pantauan KMLW di sekitar lokasi ASI Mbojo (Istana Kesultanan) sudah tampak kemeriahan pemasangan baliho papan nama cara Festival di sebelah Barat depan pintu masuk jalan menuju Istana. Para pekerja dan Panitia sibuk mengurusi berbagai persiapan untuk pembukaan acara.

Begitupun berbagai persiapan untuk acara menyambut tamu seperti tari tradisional bima, keseniaan budaya yang akan ditampilkan untuk menyambut tamu tampak anak-anak Siswa SD maupun SMPN sedang berlatih.
 
 Kegiatan tersebut akan diikuti sekitar 48 Keraton se-nusantara yang tergabung dalam Forum Komunikasi Keraton Nusantara. Beberapa kegiatan dalam FKN IX Bima diantaranya Parade Pasukan Keraton, Welcome Dinner, Bazar Kuliner Keraton, Pameran Kerajinan Nusantara, Pameran benda pusaka keraton, seminar nasional dan pertemuan Raja dan Sultan Nusantara. 

FKN IX Bima, katanya, sesuai rencana akan dibuka secara resmi oleh Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif RI. (Efan)

0 comments:

Post a Comment