Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Sunday, 31 August 2014

Sistem Pendidikan yang Baik Mencerdaskan Bangsa

 
KM LENGGE WAWO,- Untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia, Kementrian Pendidikandan dan Kebudayaan Republik Indonesia melewati berbagai penelitian dan pengkajian yang mendalam telah menyempurnakan kurikulum pembelajaran bagi sekolah yang ada di Indonesia.


Pemerintah tidak serta merta mengambil sebuah kebijakan tanpa penelitian dan pengkajian yang dalam untuk penyempurnaan kurikulum sebagai kiblat di dunia pendidikan. Dari melewati tahapan proses yang cukup lama dari kurikulum yang lama seperti Kurikulum 1994, 2004 dan KTSP, sehingga lahirlah kurikulum 2013 ini.

Dalam berbagai seminar dan pemberitaan media masa maupun elektronik Pemerintah mempunyai dasar yang jelas sehingga menelurkan sebuah kurikulum 2013 ini. Melihat degradasi moral pelajar yang kian hari berubah dari karakter bangsa Indonesia sehinnga pemerintah menyempurnakan kurikulum sebelumnya menjadi kurikulum 2013.

Disamping itu juga Kurikulum 2013 adalah kurikulium yang berbasis kompetensi, di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik. Kurikulum 2013 dirancang dengan menggunakan proses pembelajaran yang sesuai untuk mencapai kompetensi yang sesuai dan diukur dengan penilaian yang sesuai.

Kompetensi yang diharapkan dari peserta didik lulusan SD/MI maupun SMP dan SMA adalah kemampuan pikir dan tindakan yang produktif dan kreatif dalam ranah abstrak konkrit. Kemampuan itu diperjelas dalam kompetensi inti yang salahsatunya menyajikan pengetahuan dalam bahasa yang jelas, logis dan sistematis dalam karya yang estetika atau dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak sehat, beriman dan berahlak mulia.

Kompetensi itu dirancang untuk dicapai melalui proses pembelajaran berbasis penemuan (Discovery Learning) melalui kegiatan-kegiatan yang berbentuk tugas (Project Based Learning) dan penyelesaian masalah (Problem Solving Based Learning) yang mencakup proses mengamati, menanya dan mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan.

Kurikulum 2013 ini, peserta didik di ajak mengikuti proses pembelajaran transdisiplinier yang menempatkan kompetensi pembelajaran dikaitkan dengan konteks peserta didik dan lingkungan. Materi-materi berbagai mata pelajaran dikaitkan satu sama lain sebagai satu kesatuan membentuk pembelajaran multidisiplinier dan interdisiplinier, agar tidak terjadi ketumpangtindihan dan ketidaklarasan antara materi mata pelajaran.

Tujuannya adalah agar tercapai efisiensi materi yang harus dipelajari dan efektifitas penyerapanoleh peserta didik. Peserta didik yang juga diajak berani mencari sumber pembelajaran lain yang tersedia dan terbentang luas disekitarnya.

Oleh sebab itu mari kita pelajari dan sukseskan program pemerintah dalam menata dan memperbaiki sistem pendidikan yang ada di Indonesia, karena bangsa yang maju adalah bangsa yang menguasai Ilmu Pengetahuan yang baik. Kalau sistem pendidikan di negara kita baik, maka akan melahirkan anak bangsa yang berperilaku sehat, beriman, berahlak mulia dan cerdas. (Efan)

0 comments:

Post a Comment