Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Monday, 1 September 2014

DAM Kebutuhan Utama Petani di Kecamatan Wawo

 
KM LENGGE WAWO,- Sujumlah petani yang berada di desa Raba dan Kombo berharap kepada pemerintah untuk dibuatkan DAM di desanya. Harapan ini mereka sampaikan kepada Kampung Media Lengge Wawo yang mendatangi beberapa petani saat mereka memantau sawah mereka untuk persiapan tanam bulan Novomber atau Desember nanti. 

Kecamatan Wawo merupakan daerah yang berkultur bukit dan pegunungan, masyarakat kecamatan Wawo hampir 60 porsen bermata pencarian dibidang pertanian. Bertani adalah mata pencarian masyarakat di dataran tinggi ini, namun sayangnya hampir 70 porsen daerah pertanian di kecamatan Wawo adalah tadah hujan, artinya para petani ini hanya bisa melakukan kegiatan bertani saat musim hujan saja sekitar bulan November atau Desember hingga bulan Mei atau Juni. Bulan tersebut adalah musim hujan dan petani menanam padi serta palawija.

Daerah yang tadah hujan meliputi semua desa yang ada diwilayah kecamatan Wawo, namun beberapa bagian wilayah sebagian seperti di Desa Maria di So Diwu Wau, Lewi Ruma, Sori Kawae, Dana Kala sebgaian petani bisa menanam padi tiga kali dalam 1 tahun, karena terdapat sungai dan mata air yang cukup di sebgian wilayah.

Sedangkan diwilayah lain disebagaian besar desa di kecamatan Wawo para petani mengandalkan musim hujan untuk bercocok tanam, padahal sebenarnya Air sungai dibalik bukit wilayah sebelah selatan Timur Desa Maria Utara, Maria, Raba dan riamau air berlimpah, namun terkendala bukit serta tidak adanya daerah resapan untuk menampung air seperti DAM.

Sekitar tahun 1980an ada DAM di beberapa Desa yang ada di kecamatan Wawo, namun  akibat ulah pembalakan liar debit air berkurang dan sebgaian DAM rusak. Akan tetapi kini sebgaian DAM tersebut kembali mengeluarkan mata air.

Para petani di desa Raba, Kombo, Kambilo, Pesa dan sebagian besar masyarakat kecamatan Wawo berharap kepada pemerintah untuk segera dibuatkan DAM diwilayah kecamatan Wawo, agar para petani mampu bercocok tanam 3 kali dalam setahun. (Efan)

0 comments:

Post a Comment