Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Saturday, 13 September 2014

Guru Yang Berkualitas Melahirkan Anak Didik Berkarakter


KM LENGGE WAWO,- Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora)Kabupaten Bima menggelar kegiatan Sosialisasi, Evaluasi dan pembinaan terhadap Ikatan Guru Taman Kana-kanak Indonesia (IGTKI) dan guru Pendidikan Usia Dini  PAUD. Kegiatan ini diselenggarakan di Sekoah Dasar Negeri 2 Maria (SDN 2 Maria) yang dikuti oleh kepala TK dan Operator Aplikasi pendataan data Guru TK se kecamatan Wawo, Sape dan Lambu.

Hadir membuka kegiatan Sosialisasi, Evaluasi dan pembinaan terhadap Ikatan Guru Taman Kana-kanak Indonesia (IGTKI) Kepala Dinas Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora)Kabupaten Bima, Tajudin, SH, Kepala Seksi Pendidikan Usia Dini (PAUD), Mustamin dan sejumlah pejabat teras Dikpora Kabupaten Bima.

Selain Sosialisasi, Evaluasi dan pembinaan terhadap Ikatan Guru Taman Kana-kanak Indonesia (IGTKI) dan guru Pendidikan Usia Dini  PAUD, kegiatan ini maksudkan untuk bimbingan teknis operator aplikasi data guru dan siswa TK dan Paud. 

Kepala Dinas Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora)Kabupaten Bima, Tajudin, SH,dalam sambutannya mengatakan bahwa selam ini lembaga non formal seperti PAUD dan TK selalu dipandang sebelah mata oleh pemerintah tapi di tahun 2014 ini pemerintah daerah akan memperhatikan lembaga pendidikan non formal ini seimbang dan sama dengan lembaga pendidikan lainnya.

“Pemerintah Kabupaten Bima sudah mengunjungi 7 kecamatan di kabupaten Bima untuk sosialisasi lembaga non formal agar memperjuangkan hak-haknya ditingkat daerah maupun pusat. Bagaimana menyatukan persepsi untuk data dan informasi akurat untuk kepentingan guru-guru ditingkat PAUD maupun TK”, ujar Tajudin.

Tajudin juga menekankan kepada UPT Dikpora kecamatan Wawo untuk mendata dengan baik menjamurnya TK swasta yang berkembang saat ini. Ini harus kita dukung demi kemajuan pendidikan di daerah kita. Namun perlu ditata dengan baik agar tidak menyalahi aturan yang ada. Disamping itu juga UPT Dikpora harus memperhatikan keadaan daerah dan lokasi apabila ingin merekomendasikan berdirinya TK, jangan sampai asal memberi Rekomedasi saja. 

Saat ini banyak guru TK di Indonesia hampir 75 porsen bukan berasal dari PG TK tapi merupakan gurudengan kualifikasi guru SPG atau PGSD, oleh sebab itu kompetensi guru TK kedepan perlu di tata. Namun hal ini tidak bisa kita salahkan karena kemampuan dan keinginan meraka sangat tinggi maka harus diakomodir. Hal ini juga akibat dari kurangnya SDM di bidang kompetensi yang mengajat di TK.

PGTK adalah bagian dari sistem integral pendidikan yang ada di Indonesia saat ini Oleh sebab itu pendataan Data TK ini perlu sekali untuk kita segera lakukan membina dan membimbing operator-operator data TK dan guru-guru sehingga menghasilkan lembaga dan guru yang berkualitas dan kompeten dibidangnya. Sehingga dihasilakan anak-anak didik yang berkualitas dan kuat karakternya sejak usia dini.

Sementara itu KASI Paud Dinas pendidikan pemuda dan olahraga Kabupaten Bima, Mustamin dalam materi bimbingan teknis menjelaskan tentang pentingnya integral data untuk guru dan lembaga ini agar kedepan bisa di tata dengan kualitas pendidkan guru TK dan lembaga yang ada.(Efan)

0 comments:

Post a Comment