Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Wednesday, 24 September 2014

LSS Mampu Ciptakan Hidup Bersih dan Sehat

 
KM LENGGE WAWO,- Ketua Tim Lomba Sekolah Sehat (LSS) tahun 2014 tingkat Propinsi Nusa Tenggara Barat, , H Amir, S.Pd, MM, saat memberikan sambutan memaparkan tentang beragam aspek penilaian dalam Lomba LSS. Termasuk indikator penilaian dan komponen-komponen yang dinilai.
 
 Menurut ketua tim LSS, H. Amir dan juga Kabag Bina Kemasyarakatan Biro Administrasi Kesra Setda NTB,   Ada tiga komponen penting yang dinilai pada lomba sekolah sehat, yaitu apakah pendidikan kesehatan tercakup dalam kurikulum pelajaran disekolah, pelayanan kesehatan dan kunjungan Puskesmas serta bidan desa disekolah, bagaimana perhatian sekolah terhadap pelayanan kesehatan baik dari sekolah itu sendiri maupun dinas terkait, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat. Oleh karena itu, pendidikan kesehatan lingkungan harus memiliki pengaruh terhadap lingkungan sekitar. Bahkan, 500 meter sekitar sekolah harus ada pengaruh dari program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).



“Lomba Sekolah Sehat  merupakan upaya memotivasi sekolah sekaligus penguatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di masing-masing penyelenggara pendidikan di daerah. Kami  akan menilai objektif peserta LSS. Kami melihat peranserta dan dukungan masyarakat maupun pemerintah desa, kecamatan dan daerah terhadap keberlangsungan lomba LSS ini cukup tinggi, buktinya Kapolsek, Danramil, Camat, KUPT Pendidikan beserta jajaranya, kepala desa se kecamatan Wawo dan masyarakat ikut hadir saat penilaian ini”, ujar Amin.

SDN 3 Marupakan sekolah yang terpilih di LSS tingkat kabupaten Bima Buktinya, sekolah ini berhasil mewakili Kabupaten Bima pada LSS tingkat Provinsi NTB 2014. Pada lomba ini, terangnya, ada 10 sekolah yang bersaing untuk tingkat SD/MI, untuk Taman Kanak-Kanak hanya diikuti tiga daerah, sedangkan SMP/MTs, SMA/MA dan SMK masing-masing diikuti delapan utusan Kabupaten/Kota di NTB.  “Jadi jumlah keseluruhan sekolah ada 29 sekolah yang akan berkompetisi meraih yang terbaik,” kata Amin.

 

Amin juga menambahkan, bahwa tujuan utama dari Lomba Sekolah Sehat (LSS) adalah bukan hanya sekedar untuk meraih juara kemudian berbenah hanya sementara waktu saat lomba, akan tetapi bagaimana menciptakan kebiasaan hidup bersih dan sehat di sekolah serta di masyarakat.(Efan)

0 comments:

Post a Comment