Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Sunday, 7 September 2014

Pembukaan FKN ke IX di Bima, Tampilkan Atraksi Budaya

KM LENGGE WAWO.- Pembukaan Festival Keraton Nusantara (FKN) ke IX Tahun 2014 berlangsung meriah. Acara ini dihadiri 47 kesultanan dan kerajaan se Nusantara dan 2 dari luar negeri. Pembukaan FKN IX di Istana kesultanan Bima, Minggu (7/9) dihadiri juga oleh Gubernur Provinsi NTB yang diwakili Sekda Provinsi NTB, H. M. Nur, SH secara resmi membuka acara FKN IX.

Dalam acara pembukaan FKN IX di Istana Kesultanan Bima, disamping para undangan, kerajaan, kesultanan dan rombongannya masing-masing ratusan masyarakat Bima menyaksikan acara pembukaan ini diluar pagar istana. Antusias masyarakat menyaksikan acara FKN IX cukup tinggi terbukti lapangan serasuba dipadati masyarakat Bima.

Dalam sambutannya Ketua Majelis Adat Sara Dana Mbojo Dr. Hj. St. Maryam Muhammad Salahuddin, SH menyampaikan selamat datang kepada undangan dan permohonan maaf apabila dalam jamuan dan sambutan kegiatan ini dirasa kurang. “Sampai dengan hari ini kegiatam FKN berjalan dengan baik, walaupun sangat sederhana,” ujar Ina Kau Mari.

Dari FKN ini kita harus mampu memperkenalkan nilai – nilai budaya Bima kepada Nusantara terutama untuk generasi Bima kedepan.” Sejak dulu Bima adalah daerah yang terus melestarikan nilai – nilai luhur budaya. Meski dijaman modern, nilai-nilai budaya dan norma tetap kami pertahankan”, kata wanita keturunan Raja Bima ini.

Senada dengan Gusti Raden Ajeng Gus Murtiah Ketua Forum Komunikasi dan Informasi Keraton Nusantara (FKIKN), mengatakan, kegiatan yang dihelat 2 tahun sekali ini merupakan kegiatan rutin yang telah diprogram bersama 47 anggota Forum Komunikasi dan Informasi Keraton Nusantara. “FKN merupakan media silahturahmi dan bertemunya silang budaya, dengan tujuan pelestarian nilai – nilai budaya dan keberagaman budaya ditiap nusantara”, ujar Gusti Raden Ajeng Gus Murtiah

Bupati Bima Drs. H. Syafrudin HM. Nur, MPd menyampaikan rasa bangga kepada Raja dan Sultan, karena telah hadir pada FKN Bima. FKN yang mengangkat tema, Nusantara Pusaka Dunia tersebut diharapkan mampu terus dijaga, agar tercipta silahturahmi yang berkelanjutan dan meneguhkan komitmen bersama.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan pawai budaya yang diikuti oleh Rombongan Kerajaan dan Kesultanan yang menghadiri undangan FKN IX, 24 Kerajaan dan Kesultanan yang dimaksud yakni Kesultanan Bau-bau, Kesultanan Jogjakarta, Raja Denpasar, Kesultanan Kesepuhan, Kesultanan Kanoman, Kesultanan Kecirebonan, Keprabonan, Kesultanan Solo, Pura Mangkunegaran, Pura Paku Alaman, Kesultanan Kutai Kertanegara. Kemudian Kesultanan Kuta Ringin, Kerajaan Cantung, Kedatuan Pejanggik Lombok, Kesultanan Bacan, Pemangku Adat Bulungan, Kerajaan Luwu, Kesultanan Ternate, Kesultanan Sumedang Larang, Kesultanan Palembang, Kesultanan Pelalawan Riau, Kesultanan Demak, Kesultanan Dompu. (Efan)

0 comments:

Post a Comment