Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Sunday, 28 September 2014

PNPM 2014 Kecamatan Wawo, 2,6 Miliar Rupiah

 KM LENGGE WAWO,- Kecamatan Wawo tahun 2014 mendapatkan 47 paket dengan total anggaran 2,6 Miliar rupiah  pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM Pisew ). PNPM Pisew  akan mulai dilaksanakan dalam minggu awal oktober ini, berbagai persiapan dilakukan oleh Pemerintah kecamatan Wawo.Setelah proses penilaian dan verifikasi LKD yang telah lolos ke tahap seleksi diundang untuk pembinaan dan perbaikan sebagian administasi di Aula Kantor Camat.


Dalam kegiatan tersebut dibahas beberapa hal termasuk Surat Perjanjian Pelaksanaan Pekejaan (SP3) bersama dengan LKD dan perbaikan dan penyempurnaan bahan bagi LKD yang belum menyelesaikan berkas adminstasi atau kesalahan nama yang tidak sesuai dengan KTP, karena dalam waktu 2 atau 3 hari kedepan akan mulai pengerjaan.

Kepala Seksi Fisik Sarana dan Prasarana (Fisipra) Syarifudin H. Bahsyar, S. Sos mengatakan sebanyak 72 LKD yang di rekomenasikan oleh 9 desa yang berada di kecamatan wawo, hanya 47 LKD yang berhasil lolos dari penilaian oleh tim ditingakt kecamatan. “Dibanding dengan tahun 2012 jumlah LKD yang masuk ke pemerintah kecamatan menurun. Tahun 2012 jumlah LKD yang di rekomendasikan oleh 9 Desa dikecamatan Wawo sebanyak 92 LKD. Sedangkan tahun 2013, kecamatan Wawo hanya mendapatkan 3 paket ndi 3 desa yaitu desa Maria, Kombo dan Kambilo”, ujar syarif menjelaskan.

Dari 47 Paket tersebut dengan anggaran 2,6 Miliar Rupiah,  dari paket terendah 35 juta rupiah sampai 92 juta rupiah. Pengerjaan Program tersebut terdiri dari, Pembuatan dan pembukaan jalan ekonomi, rabat gang, talud jalan, drainase saluran air dan jembatan. Ada juga pengembangan jalan yang sudah dikerjakan tahun 2012 dan 2013 yang lalu.

“Syarifudin juga menambahkan agar LKD mempersiapkan diri penerimaan termin dana ada 3 tahap, tahap I,  40 porsen dengan fisik 0 porsen, termin ke II,  30 posen dengan fisik 70 porsen dan termin ke III, 30 porsen dengan fisik 30 porsen. Setiap termin akan ada laporan administasi dan pengecekan fisik dilapangan,setelah selesai dan rampung laporan selanjutnya bisa menerima termin ke tahap berikutnya.

 
“Kami tidak akan mentolerir bagi LKD yang belum menyelesaikan laporan dan kelengkapan fisik tidak akan bisa menerima termin berikutnya, dan dalam pengerjaan ini mengedepakan kerjasama bersama anggotanya dengan baik dan berkoordinasi dengan kami dan FK serta konsultan kecamatan. LKD yang tidak paham diharapkan Ikuti petunjuk dan bertanya ketika kesulitan dengan kami”, kata syarif

Fasilitator Kecamatan La Pipin Bimantara, ST saat menjelaskan kepada LKD mengatakan bahwa dalam penetuan lokasi dan progran ini telah dilakukan 2 bahkan 3 tahun yang lalu melalui rencana dan musyawarah masyarakat, baik tingkat RT, RW, Dusun, Desa sampai tingkat Kecamatan. Program pemilihan lokasi PNPM ini atas rencana dan usulan masyarakat sendiri. Oleh sebab itu kepada LKD untuk menerima penempatan Lokasi yang telah kami tentukan ditiap wilayah masing-masing.

La Pipit juga menambahkan terkait 2 LKD yang mendapatkan 1 paket proyek, itu menurut aturan diperbolehkan asal telah ada kerjasa dan pembicaraan yang baik antar LKD dan pemerintah kecamatan “Tidak ada masalah dengan penggabunagn 2 LKD untuk pengerjaan 1 paket, diatur aja dilapangan nanti tentang struktur kepngurusan LKD”, ujar Pipin.

Pipin juga berharap kepada LKD dikecamatan Wawo yang telah mendap[atkan paket PNPM Pisew 2014 ini agar menjaga nama baik kecamatan Wawo yang selama ini terkenal selalu mendapatkan apresiasi yang bagus dalam PNPM Pisew, Pertahankan kepercayaan ini dengan pengerjaan fisik dan administarsi yang baik. (Efan)

0 comments:

Post a Comment