Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Saturday, 13 September 2014

Profil Desa Maria Dimuat TIPI Kampung, Motifasi Untuk KM Lain


KM LENGGE WAWO,- Sudah sebulan ini sejak tanggal 14 Agustus 2014, Portal Kampung Media memuat Profil Desa Maria Kecamatan Wawo Kabupaten Bima Propinsi Nusa Tenggara Barat di TIPI Kampung http://www.kampung-media.com/tipi-kampung. Kami Kampung Media Lengge merasa bangga telah di muatnya profil desa Maria di portal KM sejajar dengan Video Tuan Guru Haji Zainul Majdi, Gubernur Kita.  Sehinnga teman-teman KM yang lain termotifasi untuk membuat dan berbuat yang sama, karena Video atau gamba bergerak akan bercerita lebih nyata tentang Kampung Kita.

Profil desa Maria yang berada di kecamatan Wawo Kabupaten Bima tempat domisili http://lengge-wawo.blogspot.com/ merupakan desa yang mewakili propinsi Nusa Tenggara Barat (Duta NTB)  di ajang Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasioanal tahun 2014.

Desa Maria mewakili NTB bersama rombongan dari Pemerintah Kabupaten Bima dan Propinsi NTB, menghadiri undangan Presiden RI, Susilo Bambang Yudyono untuk upacara kemerdekaan RI di Istana Negara sekaligus menerima penghargaan atas terpilihnya desa Maria meraih Juara 5 Tingkat Nasional menyikirkan ribuan desa yang berada diseluruh Indonesia, pada bulan Agustus yang lalu.

Namun dibalik keberhasilan itu peran serta http://www.kampung-media.com/  juga memeberikan kontribusi yang cukup berarti yaitu membuat Video Profil Desa Maria untuk melengkapi persyaratan danditayangkan saat presentasi di tingkat Nasional saat diuji oleh Tim dari Panitia Lomba Desa dan Kelurahan Nasional 2014. Kampung Media Lengge Wawo dipercayakan oleh pemerintah Kabupaten Bima membuat Video Profil Desa Maria.

Koordinator KM Lengge, Edy Irfan, mengatakan Selama 1 bulan terakhir ini saya tidak pernah memperhatikan TIPI Kampung, Ketika membuka portal http://www.kampung-media.com/ hanya membaca berita berita, mengomentari berita teman-teman KM dan mengupload berita di http://www.kampung-media.com/httplenggewawoblogspotco. “ Kemarin Sabtu sekitar pukul 00.23 Wita saya kaget melihat video Profil Desa Maria di muat oleh Admint KM. Memang selama ini saya sempat Koordinasi dengan Koordinator http://www.kampung-media.com/ Bapak Fairuz Abadi (Abu Macel) sekitar awal bulan Juli yang lalu, agar TIPI Kampung bisa memuat Video teman-teman KM yang layak untuk dimuat. Akhirnya saat itu Fairuz menyuruh saya untuk mengupload dulu di Youtube karena di Portal KM belum bisa untuk dimuat langsung file Video ini, dan sambil penyempurnaan nanti kita bisa mengupload langsung video yang layak untuk dimuat di TIPI Kampung” ujar Edy menceritakan obrolannya denga Pak Fairuz saat itu.

Sebelum berkoordinasi dengan Abu Macel saya sempat mengirimkan bentuk File asli Video yang sudah di Convers ke File MPG agar kecil dari File aslinya Avi. Ke Email KM NTB kampungmedia@yahoo.com  namun seminggu saya cek di TIPI Kampung belum juga dimuat, saya tidak patah semangat agar Video hasil karya kita ini mampu dan bisa dimuat di TIPI Kampung. Seteah 3 minggu tidak muncul di portal KM saya mencoba memberanikan diri SMS Pak Fairuz, karena saya pikir BOS nya Kampung Media asik dan enak diajak ngomong dengan topik apapun.

“ Setelah SMS tidak dijawab mungkin karena kesibukan beliu sebagai abdi negara juga, akhirnya saya telp langsung dan berbicara dengan beliau. Beliau merespon dan akan melihat dulu video tetsebut. Kurang lebih 3 minggu dinilai atau mungkin belum sempat dilihat dengan berbagai pertimbangan ternyata Video hasil karya kami bisa dan mampu di tayangkan di TIPI Kampung Media”, Kata Edy

TIPI Kampung merupakan konten yang mengasikan karena kedepan video akan mengguli berita data. Oleh sebab KM Lengge Wawo berencana akan membuat Video-video berisi berita  atau promosi wisata di kampung-kampung seperti kerajinan, atau tempat sejarah yang nantinya konsepnya ada reporter dari teman-teman KM dan nara sumber , yang menjelaskan tentang tema yang diberitakan, semacam Liputan Khusus Kampung Media /LIPSUS  dengan durasi sekitar 4 atau 5 menit. Namun hal ini perlu perencanaan, waktu  dan biaya yang harus direncanakan se hemat mungkin, walaupun menggunakan kamera Ponsel.

Dengan dimuatnya Profil Desa Maria Kecamatan wawo Kabupaten Bima hasil karya anak-anak Kampung Media sendiri, mampu memotivasi dan memberi inspirasi bagi tema-teman Kampung Media lainya untuk berbuat sedikit namun hasilnya bermanfaat untuk orang banyak. Karena Video biasanya bercerita lebih nyata karena langsung bisa kita saksikan. Sekali lagi Terimaksih Koordinator Kampung Media NTB.(Efan)

0 comments:

Post a Comment