Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Thursday, 16 October 2014

Pelayanan Gender tidak Ada Perbedaan

KM LENGGE WAWO,- Peserta pelatihan Analisa dan Advokasi Kebijakan Pelayanan Pendidikan dan Kesehatan yang adil bagi Gender yang di selenggarakan oleh Australia Indonesia Partnership For Decentralisation (AIPD) di Hotel Mutmainah selama 5 hari yang berlangsung Selasa (14/10) hingga Sabtu (8/10) melakukan menggalian informasi terkait pelayanan public terutama gender, di dua tempat yaitu bidang kesehatan di UPT Pusat Kesehatan Masyarakat kecamatan Palibelo dan di bidang pendidikan di SDN Panda Kabupaten Bima.


Kegiatan pelatihan yang berlansung selama 5 hari ini ini dibagi dalam beberpa aspek pelatihan, yaitu pelatihan di ruangan membahas permasalahan gender disekitar lingkungan peserta pelatihan dan 1 hari untuk survey tentang aspek keadilan gendar yang terjadi dipelayanan public, setelah itu di identifikasi dan di urai berdasarkan pengelompokan kebutuhan dan rekomendasi dari survey tersebut.
Putri salahsatu peserta pelatihan dari Comunitas Center (CC) kecamatan Sape memaparkan, kalau kita lihat pelayanan public baik bagi laki-laki dan terutama bagi Wanita (Gender) sudah cukup bagus tetapi yang menjadi permasalahan adalah sarana dan prasana untuk menunjang pelayanan fasilitas public yang lebih baik yang kurang. 

” Survei lapangan dan mewawancara langsung dengan pelayan public bagi kami merupakan hal baru dan kedepan harus kami pertajam penganalisaan sehingga mampu menyimpulkan dan dan merekomendasikan akan kebutuhan bagi gender apabila ada perbedaan pelayanan bagi laki-laki maupun Wanita”,ujar Putri.

Hal yang sama dipaparkan oleh Zulhaidir, Lembaga Pengembangan dan Partisiapsi Demokrasi dan Ekonomi Daerah (LP2Der), survey dan wawancara langsung kami dengan masyarakat di pelayanan PKM Kecamatan Palibelo, tidak ada perbedaan dalam pelayanan public bagi laki-laki dan perempuan. “Dalam pelayanan ketika masyarakat mengunjungi PKM tidak ada perlakukan istimewa bagi pelayanan laki-laki dan Perempuan, tetapi pasien yang darurat lebih di utamakan”,ujar Zul. (Efan)


0 comments:

Post a Comment