Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Selasa, 18 November 2014

KM. Lengge wawo menjadi mediasi melalui ‘Sms Anda Untuk NTB'




KM. LENGGE WAWO,- Sesuai dengan pasal 3 UU 2008 yaitu mengenai keterbukaan informasi public yang beberapa tujuannya adalah mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan public, meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pengambilan kebijakan publik dan
pengelolaan Badan Publik yang baik, mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, yaitu yang transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan, mengetahui alasan kebijakan publik yang memengaruhi hajat hidup orang banyak, sejak minggu kemarin KM. LENGGE Wawo mengembangkan fasilitas layanan bagi masyarakat dengan menerima SMS keluhan dan saran dari masyarakat/public yang ditujukan untuk pemerintah daerah maupun pemerintah propinsi/pusat.

Hal ini dilakukan berdasarkan desakan dan saran dari pembaca KM.LENGGE WAWO yang membutuhkan sarana untuk menyampaikan unek unek mereka terhadap pemerintahan maupun instansi instansi terkait lainnya.Sebenarnya hal ini sudah dilakukan dari setahun yang lalu tapi karena memang tidak diposting oleh KM. LENGGE WAWO sebagian pembaca banyak yang merasa kecewa,sesuai dengan yang diungkapkan oleh salah satu dari beberapa warga yang memberikan saran ke KM.LENGGE bahwa layanan SMS ini sangat penting,” “Pengaduan, keluhan, kritik, dan saran dari masyarakat menjadi masukan yang sangat berarti bagi perbaikan sekaligus pengembangan pelayanan publik pemerintah. Oleh karena itu, perlu dipantau terus bagaimana penilaian masyarakat terhadap fasilitas pelayanan,jadi KM.LENGGE WAWO wajib memiliki fasilitas ini untuk pemerintah NTB”

Sebenarnya pemerintah NTB sendiri telah memiliki layanan seperti ini,baik melalui twitter pak gubernur,email dan situs situs resmi pemerintah seperti “gubernur menjawab” disitus resmi NTB, melalui email dishubkominfo@bimakab.go.id untuk kabupaten Bima,dan lain lainnya. Akan tetapi berdasarkan dari saran saran dari masyarakat bahwa KM. LENGGE WAWO juga harus menjadi mediasi,karena memang tidak semua masyarakat selalu mengakses situs situs pemerintah dan notabene hanya mengakses KM.LENGGE WAWO.

Perlu diingat juga, peran  “sms anda untuk NTB’ sebagai media yang menampung, sementara tindak lanjut dari aduan-aduan tersebut sepenuhnya merupakan kewenangan masing-masing SKPD. Masyarakat memang perlu untuk diberi pemahaman tentang batasan “SMS anda untuk NTB” yang hanya bisa menampung tersebut” ujar Efan,salah satu kru KM.LENGGE WAWO. Bagi masyarakat yang ingin memberikan SMS pengaduan bisa langsung mengirim sms ke sms center “SMS anda untuk NTB” di nomor 085338436666 selama 24 jam penuh,terposting di sudut kiri bawah blog KM. LENGGE WAWO  dan insya Allah akan tersampaikan.(GALANK)

0 komentar:

Posting Komentar