Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Monday, 10 November 2014

Mayarakat Berperan Tingkatkan Derajat Kesehatan

 
KM LENGGE WAWO,- Unit Pelayanan Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Wawo menggelar kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di aula kantor desa Maria Utara, Kamis (9/11). Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh ketua RT, kepala dusun, tokoh masyarakat, unsur pemuda dan masrakat desa Maria Utara untuk membahas peningkatan derajat kesehatan masyarakat desa dan sosialisasi program kerja UPT Puskesmas Wawo.
Kepala Unit Pelayanan Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Wawo, Masturudin, S. Km dalam sambutanya memaparkan tentang kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) adalah wadah untuk membahas, mensosialisasikan dan mensosialisasikan hasil kerja UPT Puskesmas wawo selama tahun 2014 di desa Maria Utara. “Temuan-temuan hasil kerja yang dilaksanakan di Desa Maria Utara dipaparkan di kegiatan ini, baik kesehatan lingkungan maupun kesehatan masyarakat. Kegiatan UPT Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) selama ini merupakan kegiatan diluar gedung atau kantor yang bersifat prefentif dan promosin untuk masyarakat”, ujar Masturudin

Kegitan yang dilaksanakan dengan menggunakan anggaran Biaya Operasional Kesetahan (BOK)tahun 2014, sudah menjadi agenda rutin PKM Wawo setiap tahun diseluruh kecamatan Wawo. Dari kegiatan yang diselenggrakan ini ada target yang harus di capai. Standar Pelayanan Masyarakat merupakan proyeksi yang harus dicapai yang ditentukan oleh pemerintah. Oleh sebab itu program-program yang telah direncakan harus mencapai target.

Dalam kegiatan ini, capaian yang ditargetkan seperti menekan angka kematian ibu dan bayi, nilai gizi masyarakat, penekanan TB/Paru, harus memenuhi Standar pelayanan Minimum (SPM) bagi program yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Kepala Desa Maria Utara Syamsuddin dalam sambutannya juga mengingatkan peserta MMD untuk menyampaikan permasalah kesehatan lingkungan dan masyarakat agar dicariakan solusi untuk disampaikan dalam forum ini. Setip permasalah yang disampaikan akan di musayawarahkan secara langsung saat kegiatan, jika tidak mampu dipecahkan, akan dibawa ke tingkat kecamatan, kemudian seandainya tidak mampu ditingkat kecamatan akan di sampaikan ke tingakt kabupaten.

“Selama tahun 2014 tidak ada kasus yang menonjol di Desa Maria Utara, karena tingkat kesadaran dan pengetahuan masyarakat menggunakanfasilatas kesehatan alhamdulillah cukup tinggi”, ujar Kades Maria Utara.

Dari kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kemandirian masyarakat dan keluarga serta lingkungannya dalam bidang kesehatan sehingga masyarakat mampu memberikan andil untuk meningkatkan derajat kesehatan kesehatan. (Efan)

0 comments:

Post a Comment