Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Sunday, 2 November 2014

Penerapan K-13 Harus Memahami ICT

KM LENGGE WAWO,- Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) yang terdiri dari gabungan gugus I-VII Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kecamatan Wawo, menggelar kegiatan Workshop pendampingan Kurikulum 2013 gugus I sampai dengan gugus VII tahun 2014 di Sekolah Dasar Negeri 2 Maria, Sabtu (1/11). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bima.

Workshop pendampingan Kurikulum 2013 yang diselenggarakan oleh sekolah inti kepada sekolah imbas ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak pemerintah terkait diundangnya kepala sekolah inti dikecamatan Wawo untuk bimbingan teknis K13 di Mataram beberapa Minggu yang lalu.
Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Dikpora kecamatan Wawo, Alimudin, S. Pd., M. Pd saat menyampaikan sambutan memaparkan bahwa kegiatan Workshop pendampingan K13 gugu I-VII bertujuan untuk pendalaman kurikulum 2013 semua mata pelajaran. Masing-masing sekolah mengutus 6 orang guru dan 1 kepala sekolah. Termasuk pelajaran Pendidikan Agama, Pendidikan jasmani dan kesehataan  dan Muatan lokal yang selama ini belum tersentuh oleh diklat K13. Pembuatan RPP dan Silabus juga akan dibahas dalam kegiatan ini, karena masih banyak guru-guru yang belum mengerti pembuatan administrasi  K13.
 “Penerapan K13 harus menyentuh seluruh mata pelajaran termasuk agama, penjaskes dan mulok. Dalam kegiatan ini mari kita saling mengisi, bagi guru yang belum mengetahui  jangan sungkan untuk bertanya kepada guru yang paham dengan K13 dan yang sudah mengetahui tentang K13 berbagilah kepada guru-guru yang belum mengerti “, ujar Alimudin.
Dalam penerapan dan aplikasi K13, UPT dinas Dikpora kecamatan Wawo telah membagi tugas pengawas dan penilik untuk membina dan membimbing guru-guru di seluruh sekolah yang ada di kecamatan Wawo. Pengawas berdasarkan jadwal dan tugasnya akan tetap melakukan supervise dan pendampingan di sekolah-sekolah binaan.

Dalam kegiatan Workshop ini kepala sekolah inti yang telah mengikuti kegiatan pendampingan Diklat Pembekalan K13  tingkat propinsi di Mataram selama 5 hari di Hotel Lombok Garden beberapa hari yang lalu, akan menjadi pemateri dikegiatan Workshop ini. Kepala sekolah inti telah mempersiapkan materi-materi yang akan disampaikan kepada guru-guru sekolah Imbas.

Kepala Bidang (Kabid) PAUD dan Pendidikan Dasar Dinas Dikpora Kabupaten Bima yang mewakili Kepala Dinas, Arsyad, S. Pd., M. Pd, dalam arahanya mengucapkan terimaksih kepada UPT Dikpora kecamatan Wawo yang telah menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis kepada guru-guru disekolah imbas. Kurikulum tahun 2013 harus bias dipahami oleh seluruh guru dan dipelajari dengan sunggu-sunggu.
“Dinas Dikpora Kabupaten Bima akan tetap menyelenggarakan kegiatan-kegiatan pendampingan K13 sampai semua guru mengerti cara pembuatan administrasi K13 seperti program, RPP dan sebagainya.”

Arsyad juga menghimbau kepada guru-guru untuk giat mempelajari ICT, karena kedepan dunia pendidikan tidak terlepas dari penerapan dalam perpaduan teknologi dan Informasi untuk penerapan pembelajaran di sekolah. “Setiap di undang ke pelatihan diluar daerah, baik itu seminar, bimtek dan lain-lain pemenfaatan Komputer, laptop maupun infokus merupakan kelengkapan untuk menunjang kegiatan itu, jadi kitapun dituntuk untuk belajar ICT, papar Arsyad.

Usai memberikan sambutan, Kabid PAUD dan Pendidikan Dasar, Arsyad, S. Pd., M. Pd , mewakili kepala Dinas Dikpora Kabupaten Bima, Tajudin, SH., M. Si membuka secara resmi kegiatan Workshop pendampingan Kurikulum 2013 gugus I-VII tingkat kecamatan Wawo. (Efan)

0 comments:

Post a Comment