Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Sunday, 7 December 2014

Bimtek Opretaor TK/Paud Kecamatan Wawo



KM LENGGE WAWO,- Puluhan operator TK/Paud se kecamatan Wawo, Sape dan Lambu mendapatkan bimbingan teknis  (Bimtek) cara pengisian data ptkpaudni  atau data no Induk Pendidikan dan Kependidikan (NIPTK) dari operator data TK/Paud pendidikan formal pemuda dan olahraga Dikpora (PNFPO) kabupaten Bima di Aula kantor UPT Dinas Dikpora kecamatn Wawo.

Hadir dalam kegiatan bimbingan teknis tersebut kepala bidang pendidikan formal pemuda dan olahraga Dikpora (PNFPO) kabupaten Bima H. Ahmad , KUPT dinas Dikpora kecamatan Wawo, penilik TK/SD kecamatan Wawo, kepala TK/Paud dan operator se kecamatan wawo, Sape dan Lambu.

TK /PAUD merupakan pendidikan dasar bagi putra putri kita. Disamping tetap mengembangkan mutu dan fasilitas namun SDM pengajar dan legalitas TK/Paud juga harus tetap di perhatikan, oleh sebab itu langkah pemerintah mendata PTK dan fasolitas yang ada merupakan bentuk perhatian agar dapat di analisa kebutuhan dan kesejahteraan PTK dan pendidik kedepan.

Operator TK /PAUD Kabupaten Bima, Fani Andriani, mengatakan bahwa  Pelatihan dan bimbingan teknis ini adalah melatih operator TK/Paud  yang berada di kecamatan Wawo, Sape dan Lambu agar mereka paham dan benar-benar mengetahui cara pengisian  pada aplikasi  ptkpaudni  bagi operator yang nantinya bisa di aplikasikan ke Pendidik dan tenaga kependidikan.

Dalam pelatihan ini dibahasjuga tentang teknis-teknis pengisian data secara online. “Operator  harus bisa dan mampu mengisi data ptkpaudni secara benar, karena dalam teknis pengisian ini dibutuhkan ketelitian dan kesabaran karean serba online,” ujar Fani.

Fani juga menjelaskan kepada operator bahwa kendala dibima adalah masalah jaringan. Karena pengisian data secara online harus mempunyai jaringan dan kapasitas paket yang besar kalau tidak pengisian data akan tertunda dan terhambat dan tidak masuk ke server pusat (tersimpan) dan harus kita input ulang datanya.
Menurut kepala bidang pendidikan formal pemuda dan olahraga Dikpora (PNFPO) kabupaten Bima H. Ahmad, bahwa secara keseluruhan jumlah pendidikan darar formal dan non formal di kecamatan Wawo adalah TK/Paud  sebanyak 19, KB 12 dan TPA tidak ada. Dikecamatan Sape TK/Paud 19, KB 15, TPAtidak ada. Sdangkan di kabupaten Bima terdapat 278 TK/Paud, 207 KB dan 4 TPA.

“ Ditahun 2015 nantinya seluruh TK (Taman Kanak-kanak), Pendidikan Anak Usia Dini (Paud), Kelompok Belajar (KB), TempatPenitipan Anak ( TPA) yang ada di seluruh kabupaten Bima harus memiliki ijin dari akte notaris, oleh sebab itu tujuan pengisian ini juga adalah untuk pendataat bagi TK/Paud yang tersebar se kabupaten Bima,” ungkap Ahmad.

Jadi kedepan nantinya TK/Paud yang mempunyai ijin operasional dan aktifitas kegiatan yang di data akan mendapatkan bantuan dari APBD maupun APBN untuk pengembangan sarana dan prasarana dan peningkatan SDM PTK. (Efan)

0 comments:

Post a Comment