Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Sunday, 7 December 2014

Jelajah Kegiatan Kepramukaan Membentuk Karakter



KM LENGGE WAWO,- Gugus depan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Maria melakukan kegiatan kepramukan bagi siswa-siswi siaga kelas Iihingga kelas VI. Kagiatan ini merupakan kegiatan tindak lanjut yang di lakukan oleh pembina pramuka di SDN 2 Markia.

Pramuka Siaga SDN 2 Maria rutin melaksanakan latihan pramuka setiap Sabtu dan Minggu di halaman SDN 2 Maria. Berbagai materi dan latihan yang dijarkan kepada pramuka siaga. Latiha pramuka ada 2 metode yaitu pemberian materi dalam kelas beruap teori dan diluar kelas latihan dasar pramuka, baris berbaris cara upacara.

Pembian pramuka gugus depan SDN 2 Marua, Nurfitriani, S. Pd. SD mengatakan bahwa Anggota Gerakan Pramuka yang berusia 7 sampai dengan 10 tahun yang biasa disebut anggota Siaga disekolah SDN 2 Maria rutin melaksanakan latihan Pramuka.

“Kegiatan pramuka sangat mengasikan bagi siswa-siswi ini, setelah sepekan menerima pelajaran disekolah pada akhir pekan kami selalu melaksanakan latihan.  Semangat mereka yang tinggi untuk datang latihan, ini yang membuat kami pembina bersemangat untuk terus membina mereka,” ujar guru honor yang bias disapa Nunung ini.

“Kami memperknalkan kepramukaan ini kepada siswa-siswi kami, dasar pramuka setelah itu kami ajarkan praktek diluar kelas. Lkadang-kadang kalau mereka menerima materi dikelas mereka bosan, olehsebab itu kami punya trik agar mereka biasa betah dan senag denag kegaiatan dalam kelas’, katanya.

Kegiatan Kemah dan jelajah alam sangat diminati oleh anggota Siaga. Stiap satubulan sekali tetap dilaksnakan jelajah alam dan kemah di sekolah. Siswa diajarkan untuk belajar di alam terbuka dan mencintai alam. Meraka dapat mengamati alam dan kami selipakan pelajaran-pelaran yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan alam.

Kegiatan Jelajah banyak pelajaran yang dipetik siswa ketika berjalan mengitari alam pegunungan yang berbukit, setiap tempat atau pos yang telah di tentukan kami berhenti untuk sekedar istirahat dan memberikan soal berbentuk permainan yang mengandung nilai pelajaran bagi siswa.

Jelajah dalam kegiatan pramuka merupakan nilai atau tolak ukur kegiatan akhir dari kepramukaan, sejauh mana anggota pramuka mampu menerapkan materi dan latihan yang diberikan saat pembinaan, sehingga ketika mereka berada di alam terbuka kebersamaan, solidaritas dan peka terhadap lingkungan mampu membentuk karakter anggota pramuka.

Nilai-nilai kepramukaan harus ditanamkan sejak anggota pramuka Siaga sehingga kedapan mereka bisa tumbuh sebagai generasi yang bisa menerapkan nilai-nilai kepramukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. (Efan)

0 comments:

Post a Comment