Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Monday, 15 December 2014

Petani Wawo Mengeluh Pupuk Langka



KM LENGGE WAWO,- Musim tanam tahun 2014/2015 ini sudah mulai dilakukan oleh petani. Baik bagi petani tegalan persawahan maupun petani di tegalan perkebunan. Namun musim tanam ini dikeluhakan oleh petani akibat belum tersedianya pupuk untuk tanaman.

Menurut Agus petani asal desa Kombo, penanaman benih padi telah dilakukan 1 minggu yang lalu di area sawah so desa Kombo. Namun persedian pupuk untuk bibit padi belum ada di agen-agen pupuk dikecamatanWawo maupun Kota Bima.

“Berbeda dengan tahun yang lalu, ketika awal musim tanam pupuk sudah tersedia di tokoh-tokoh dan agen yang menjula pupuk, namun tahun ini sampai dengan sekarang belum ada saat kita tanyakan,” papar Agus.

Hal yang sama dikeluhkan oleh Muhtar, petani tegalan kebun asal desa Ntori yang telah menanam bibit di So doro Ntori. “kalau musim tanam tahun lalu saat kita membeli bibit, pupuk pun telah tersedia di toko yang menjual alat-alat pertanian dan obat-obatan pertanian, tetapi tahun ini saya tanyakan kemarin belum datang kata penjualnya,” ujar Muhtar.

Sedangkan agen Pupuk Sami Jaya, M. Said mengaku tahun 2014/2015 ini memang stok pupuk untuk padi maupun tanaman lainya belum tersedia. Stoknya belum datang. “Memang stok dan persediaan pupuk belum ada, saya sudah koordinasikan dengan penyuplai pupuk untuk agen-agen seperti saya namun menurut informasi yang saya terima belum datang stoknya, kemungkinan pertengahan bulan Januari 2015,” ungkap Said.

Para Petani maupun agen serta masyarakat di kecamatan Wawo berharap agar pemerintah segera mempersiapkan dan menyediakan stok pupuk, agar petani tidak resah. (Efan)

0 comments:

Post a Comment