Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Tuesday, 20 January 2015

Curah Hujan Rendah, Petani Gelisah

 
KM LENGGE WAWO,- Rendah dan jarangnya curah hujan di kecamatan Wawo Tiga minggu terakhir ini  menyebabkan kegelisahan bagi para petani pasalnyat bibit padi maupun jagung yang telah ditanam maupun padi yang berumur satu minggu telah diberi pupuk tidak dibasahi oleh hujan terancam mati.
 
 Din warga Desa Kambilo misalnya petani tegalan sawah di So Doro Da kepada Kampung Media mengaku telah menanam padi dan sekarang belum tumbuh-tumbuh. “Bibitnya telah kita tanam 2 minggu lalu namun akibat jarangnya hujan, kadang dalam semnuggu Cuma turun 2 sampai 3 danintensitasnya rendah menyebabkan padi tidak tumbuh,”ungkap Din.

Lain lagi dengan Edi, warga desa Maria yang berladang di So Pamali desa Riamau mencemaskan hasil tanaman jagung yang ditanam, pasalnya jagung yang telah tumbuh bibitnya dan telah keluar tunasnya ini lambat pertumbuhannya akibat pupuk yang berikan tidak bisa larut akibat hujan yang turunnya tidak merata dilokasi lading dan bahkan jarang.

“Susah juga kita mau mengeluh ke siapa akibat gejala alam seperti ini, kami petani hanya bisa berdo’a semoga Tuhan Yang Maha Kuasa melancarkan turunya hujan sehingga hasil ntanaman kami baik padi sawah, lading maupun jagung dapat tumbuh dengan baik,”ungkap Edi dengan penuh harap.

Pantuan Kampung Media, memang disejumlah area sawah di Kecamatan Wawo, sebagaian besar sudah ditanami. Tetapi masih ada yang belum menanam akibat curah hujan yang rendah dan jarang turun.

Sebagian besar petani dikecamatan Wawo merasa gelisah dan was-was dengan kondisi alam dan cuaca seperti ini. Padahal awal bulan bulan Januari seharusnya tingkat curah hujan sangat tinggi karena memang sudah memasuki musim penghujan.

Para petani dikecamatan Wawo hanya bisa berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar kondisi cuasa kembali normal.(Efan)

0 comments:

Post a Comment