Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Tuesday, 20 January 2015

Kepala Sekolah Harus Bisa Menjadi Manager

KM LENGGE WAWO,- Badan Pengawas Daerah (Bawasda) Kabupaten Bima melakukan pemeriksaan terhadap administrasi, kepegawaian dan penggunaan dana bantuan pemerintah di sekolah-sekolah yang ada di lingkup Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) kecamatan Wawo.


Tim Inspektorat yang terdiri dari tujuh orang ini selama tiga minggu ini berdasrkan jadwal melakukan pemeriksaan reguler penggunaan dana di sekolah-sekolah. Pemeriksaan ini dilakukan sampai sejauhmana pengeloaan dana disekolah.

Untuk memudahkan pemeriksaan Badan Pengawas Daerah (Bawasda) Kabupaten Bima menjadwalkan pemeriksaan regular dana BOS,BSM, Kesra ini berdasarkan wilayah atau gugus sekolah.

“Pemeriksaan regular ini kami lakukan dengan pembagian wilayah untuk mempersingkat waktu, karena banykanya sekolah dan wilayah yang jauh, sehingga kita melakukan pemeriksaan berdasarkan gugus yang anggotanya 4 sampai 5 sekolah,” ungkap Hamsyir ketua Tim pemeriksa.

Pemeriksaan regular ini adalah agenda rutin yang dilakukan setiap tahun,pemeriksaan ini tidak ada yang khusus hanya pemeriksaan biasa. Untuk melihat administrasi, kepegawaian dan penggunaan dan pengeloaan dana disekolah.

Hamsyir juga menambahkan, pihak sekolah yaitu kepala sekolah harus mampu menjadi pemimpin yang baik dan sebagai manager yang mampu memimpin sekolahnya dengan baik, bisa mengatur tata kelola administarsi, pegawai dan anggrana sekolah,”pungkasnya.

 Pengelolaan administrasi sekolah, surat menyurat, laopran bulanan, absensi dan lainya apakah di tata dengan baik, sedangkan kepegawaain apakah ada pegawai yang malas atau tidak masuk itu juga menjadi bagian dari pemeriksaan ini, begitu juga pengeloaan dana sekolah dipergunakan dengan baik dan tidak diselewengkan karena penggunaan dana untuk sekolah dan siswa maupun guru harus tepat sasaran.

Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Dikpora kecamatan Wawo Alimuddin H. Arsyad, S. Pd., M. Pd menyambut dengan baik kedatangan tim dari inspektorat kabupaten Bima melakukan pemeriksaan regular.

“Pemeriksaan regular ini rutin dilakukan untuk melakukan pengawasan terhadap administrasi, kepegawaian dan pengelolaan dan penggunaan dana di sekolah-sekolah, sehingga pihak sekolah menjadi termotifasi mengelola dana bantuan dari pemerintah pusat maupun daerah dengan baik,”ujar Alimuddin. (Efan)

0 comments:

Post a Comment