Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Thursday, 15 January 2015

PPID Bima Bimtek Pelayanan Informasi Online

 
KM LENGGE WAWO,- Untuk pelayanan informasi yang cepat, mudah diakses dan murah terkait kebutuhan informasi bagi masyarakat maka Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) kabupaten Bima dan Australia Indonesia Partnership For decentralitation (AIPD)  menggelar kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) dan pelatihan system informasi dan publikasi bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) kabupaten Bima dan Dompu di aula kantor Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) kabupaten Bima beberapa hari yang lalu.
 
Penyelenggaraan ini diikuti oleh 2 orangdari  PPID Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) kabupaten Bima, 4 orang dari PPID SKPD Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) dan 4 orang dari Dinas Kesehatan (Dikes) dan berlangsung sehari dengan materi penerapan teori dan aplikasi atau langsung praktek bagi peserta pelatihan.

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) kabupaten Bim, Drs. Zunaidin HI, M.M, Kepala Bidang (Kabid) Kominfo Dishubkomifo Kabupaten Bima, M. Irfan, ST, Eng,  Kepala Bidang (Kabid) Kominfo Dishubkomifo Kabupaten Dompu Anwar M. Saleh, S. Sos, Umar, SH DF AIPD Bima dan peserta pelatihan.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Kominfo Dishubkomifo Kabupaten Bima, M. Irfan, ST, Eng Kegiatan pelatihan Sistem Aplikasi Publik adalah untuk mempersiapkan Data di Websait, untuk kepentingan informasi dan publikasi kepada masyarakat. “Pemerintah kabupaten Bima melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) telah mengintegrasikan ke websait resmi www.bimakab.go.id sehingga masyarakat atau public bisa mengupload langsung ke websait tersebut kalau ingin meminta informasi karena semuanya telah kami masukan ke system tinggal isi kita akan menjawab,”ujar Irfan.

Kepala Bidang (Kabid) Kominfo Dishubkomifo Kabupaten Dompu Anwar M. Saleh, S. Sos yang hadir saat kegiatan tersebut juga menyatakan pelatihan ini kami apresiasi, dan sangat dibutuhkan di Pemkab Dompu. PPID dompu sendiri mengutus perwakilan sebanyak 4 orang, masing-masing 2 orang dari PPID Dikpora dan Dikes sehingga utusan dari PPID SKPD ini mampu mengaplikasikan  ke SKPD yang lain.

Koordinator AIPD selaku mitra PPID, Umar, SH DF AIPD Bima, memaparkan bahwa pelatihan ini trobosan kami selangkan lebih maju untuk menyiapkan informasi bagi masyarakat.

“Kalau dulu kesiapan informasi yang berikan oleh masyakat masih manual dengan print aout ataupun kertas atau fotocopy, tapi sekarang PPID selangkah lebih maju akan mempersiapkan penyiapan informasi bagi masyarakat dengan system online online. Masyarakat tidak perlu lagi capek-capek ke kantor, mengeluarkan biaya, cukup dengan mengisi data secara online dan meminta atau menanyakan terkait informasi dipemerintahan,” ujar Umar.

Budi Raharjo dari SIP PPID Center, selaku narasumber menjelaskan, SIP disusun untuk pengelolaan dan pelayanan informasi PPID baik pendokumentasian hiingga proses permintaaan informasi PPID.
Dijelaskannya, Instrumen SIP dirancang dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Diantaranya, aspek kesejahteraan, pertimbangan geografis maupun aspek nilai-nilai undang-undang atau peraturan yang berlaku.

Hal ini merupaka langkah maju PPID dalam melayaini kebutuhan masyarakat akan informasi, PPID merespon sesuai dengan perkembangan teknologi maka hal seperti ini harus tetap dilaksanakan. (Efan)

0 comments:

Post a Comment