Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Saturday, 31 January 2015

UPT Dikpora Wawo Gelar Rapar Louncing K-13

KM LENGGE WAWO,- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kecamatan Wawo menggelar rapat sosialisasi louncinng pemberlakuan Kurukulum 2013 (K-13) di aula Sekolah Dasar Negeri (SDN) 2 Maria. Kurukulum tersebut akan diberlakukan pada sejumlah sekolah yang telah ditentukan oleh pemerintah atau sekolah Inti berdasrkan pengajuan sekolah.

Sosialisasi louncing K-13 dihadiri oleh Kepala UPT Dikpora Kecamatan wawo, pengawas TK/MI/SD, kepala sekolah, guru olahraga, guru Agama dan sejumlah guru kelas yang ada di kecamatan Wawo.

Kepala UPT Dikpora kecamatan Wawo dalam arahannya saat menyampaikan informasi hasil rapat bersama di Dikpora Kabupaten Bima mengatakan, tidak semua sekolah akan diberlakuakan K-13, hanya pada sekolanh rintisan atau sekolah inti berdasarkan pengajuan dari sekolah tersebut dan Dikpora Kabupaten Bima lanjutkan ke pemerintah pusat untuk kemudian ditentukan oleh pemerintah.
“Pemberlakuan Kurukulum 2013 (K-13) hanya peruntuk sekolah inti atau sekolah rintisan saja, bagi sekolah yang belum ditetapkan tetap menggunakan kurukulum KTSP 2006,”terang Kepala UPT.

Pemberlakuan K-13 akan dimulai awal bulan Februari 2015, untuk Kabupetn Bima ada 100 sekolah dari tingkat SD sampai SMA sederajat. Sebanyak 80 SD yang tersebar diwilayah Kabupaten Bima. Tingkat SMP ada 12 sekolah, dan tingkat SMA sederajat ada 7 sekolah dan 1 SMK akan berlakukan K-13.

Untuk kecamatan Wawo, ada 5 Sekolah Dasar (SD) yang akan menerapkan K-13 yaitu, SDN 2 Maria, SDN 3 Maria, SDN 1 Kambilo dan SDN Kombo.

Alimuddin berharap, Sekolah rintisan akan menbawa efek baik untuk K-13 kedepan, menjadi contoh bagi sekolah yang lain sehingga penerapannya akan menyeluruh disetiap sekolah.”Bagi sekolah lain, sekolah rintisan ini menjadi contoh untuk diikuti”, ungkap Alimuddin.

Kepala sekolah harus mampu menjadi contoh dan mengawasi serta menilai guru disekolah. Memerintahkan guru-guru untuk menyiapkan administrasi pembelajaran disekolah, baik RPP, Silabus, program pembelajaran, kalender dan buku paket K-13 serta administarsi lainnya. (Efan)

0 comments:

Post a Comment