Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Sunday, 1 February 2015

Hati-Hati Wawo diserang Suspect DBD



KM LENGGE WAWO,- Memasuki musim penghujan dan pancaroba kondisi cuaca yang tidak menentu menyebakan banyaknya berkembang biak penyakit di masyarakat terutama menyerang anak-anak dan remaja. Awal bulan Januari yang lalu sejumlah anak-anak dan remaja dikecamatan Wawo terjangkit penyakit Ispa, malaria dan suspect demam berdarah (DBD)memadati ruang rawat inap Puskesmas (PKM) Wawo.

Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas Wawo, Masturudin, S. Km membenarkan bahwa memasuki awal bulan Januari tahun 2015 sejumlah pasien yang dirawat di Puskesmas (PKM) Wawo meningkat.

Berbagai penyakit yang diderita oleh pasien adalah penyakit yang biasa menyerang pada musim hujan yaitu Ispa, Malaria dan Suspect (DBD).

“Namun yang menjadi perhatian bagi masyarakat dan PKM Wawo adalah kasus dugaan Suspec DBD baru terjadi di tahun ini. Sedangkan tahun sebelumnya belum ada ditemukan kasus Suspec DBD di kecamatan Wawo,” ujar Masturudin.

Kepala UPT PKM Wawo mengatakan , “Sebanyak 8 orang pasien rawat inap PKM Wawo di duga terjangkit Suspec DBD.  Pasien-pasien yang terdiri dari anak-anak ini sempat di rawat di PKM Wawo namun karena terhambat kurangnya peralatan maka pihak PKM merujuk pasien ke RSUD Bima untuk dirawat dan dites daranya di LAB RSUD Bima,”ungkapnya.

Data sementara ada 5 Desa yang terdapat penderita Suspec DBD yaitu desa Ntori 1 orang, Desa Maria 2 orang, Desa Maria Utara 2 orang, Desa Pesa 1 orang, dan Desa Kambilo 2 orang. Kedelapan pasien ini, 4 orang terdiri dari anak-anak, 2 orang remaja dan 2 orang dewasa.

Menanggapi permasalahan ini Kepala UPT PKM Wawo menyatakan bahwa dari dulu PKM Wawo melalui TIM dan petugas dilapangan telah sering mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan, menjaga pola hidup sehat dan bersih melalui berbagai cara.

Setiap bulan petugas dari PKM Wawo secara terjadwal turun bersama tim KIA, Imunisasi, Kesehatan masyarakat untuk bersama dengan pemerintah desa menghimbau dan sosialisasi tentang bahaya penyakit di awal musim hujan dan menjaga kebersihan.

“Jauh-jauh hari kami telah berupaya dengan berbagai cara, termasuk bekerjasama dengan kepala desa dan pemerintah kecamatan agar mengingatkan warganya, menghimbau warganya untuk menjaga kebersihan lingkungan, pekaranagan, dan rumah tempat tinggal,”paparnya.

Untuk kasus Suspec DBD pihak PKM telah melaukan penyelidikan (PE), memberikan ke masyarakat di kampung-kampung sekolah-sekolah bubuk Abatenisasi. Menurunkan tim medis keliling (TMK) untuk mengatasi suspect DBD dan berbagai penyakit lainya.

“Kesadaran masyarakat Wawo untuk memeriksa kesehatan cukup tinggi. Ketika menyadari ada gejala gak enak badan mereka langsung memeriksakan diri ke PKM, ini cukup membantu bagi pihak PKM agar cepat di obati, “kata Masturudin.

PKM Wawo telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima terkait dengan gejala Suspec DBD.  Dalam waktu dekat pihak Dikes bersama dengan TIM dari PKM akan meninjau lingkungan masyarakat.

Marturuddin berharap masyarakat ikut memahami berbagai penyakit dimusim pancaroba ini, termasuk suspect DBD, baik itu akibatbya, cara penularannya, gejalanya dan cara pertolongan pertama. Masyarakat harus sadar akan kebersihan lingkungan dan bahaya dari budaya hidup tidak sehat.

“Saya berpesan agar jangan lupa membuang genangan air diselokan, di bekas-bekas kaleng di halaman. Dan cara paling tepat mencegah DBD lakukan pemberantasan sarang nyamuk DBD (Aedes-Aegypti) dengan cara 3 M, menguras semua tempat penampungan air, Menutup rapat tempat air dan mengubur barang-barang bekas yang dapat menampung air,”ujar KUPT PKM Wawo ini. (Efan)

0 comments:

Post a Comment