Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Sunday, 22 February 2015

Penjelasan Kepramukaan Dalam Pendampingan K 13 SMP 2014 (bag. IV/Lanjutan)


KM. LENGGE WAWO,- Lanjutan pembahasan kali ini kita akan masuk ke bagian pengorganisasian dan penilaian, dimana hal ini adalah suatu yang vital dalam pendidikan kepramukaan.

MODEL PENGORGANISASIAN KEGIATAN :

·         MODEL BLOK
1.      Diikuti oleh seluruh siswa.
2.      Dilaksanakan pada setiap awal tahun pelajaran.
3.      Untuk kelas I, kelas VII dan kelas X diintegrasikan di dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).
4.      Untuk SD/MI dilaksanakan selama 18 Jam, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK/MAK dilaksanakan selama 36 Jam.
5.      Penanggungjawab kegiatan adalah Kepala Sekolah selaku Ketua Mabigus.
6.      Pembina kegiatan adalah Guru Kelas/Guru Matapelajaran selaku Pembina Pramuka dan/atau Pembina Pramuka serta dapat dibantu oleh Pembantu Pembina (Instruktur Muda/Instruktur Pramuka)

·         MODEL AKTUALISASI
Model Aktualisasi memiliki karakteristik sebagai berikut.
1.      Diikuti oleh seluruh siswa.
2.      Dilaksanakan setiap satu minggu satu kali.
3.      Setiap satu kali kegiatan dilaksanakan selama 120 menit.

·         MODEL REGULER
1.      Diikuti oleh siswa yang berminat mengikuti kegiatan Gerakan Pramuka di dalam Gugus Depan.
2.      Pelaksanaan kegiatan diatur oleh masing-masing Gugus Depan.

·         METODE PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN
1.      Pengenalan dan pengamalan kode kehormatan Pramuka
2.      Belajar sambil melakukan (Learning by Doing)
3.      Sistem kelompok (beregu)
4.      Kegiatan di alam terbuka yg mengandung pendidikan yg sesuai dengan perkembangan rohani dan jasmani peserta didik.
5.      Kemitraan dengan anggota Dewasa
6.      Sistem tanda kecakapan
7.      Sistem satuan terpisah putra dan putri
8.      Kiasan dasar

·         TEKHNIK PENERAPAN KEPENDIDIKAN KEPRAMUKAAN
1.      Praktik Langsung
2.      Permainan
3.      Perjalanan
4.      Diskusi
5.      Produktif
6.      Lagu
7.      Gerak
8.      Widya Wisata
9.      Simulasi
10.  Napak Tilas

·         PENILAIAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN
o   Penilaian dilakukan secara kualitatif.
o   Kriteria keberhasilan lebih ditentukan oleh proses dan keikutsertaan peserta didik.
o   Peserta didik diwajibkan untuk mendapatkan nilai minimal baik pada kegiatan ekstrakurikuler wajib pada setiap semester.
o   Nilai yang diperoleh pada kegiatan Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan berpengaruh terhadap kenaikan kelas peserta didik.
o   Bagi peserta didik yang belum mencapai nilai minimal perlu mendapat bimbingan terus menerus untuk mencapai nilai baik.

·         TEKHNIK DAN BENTUK PENILAIAN
Ø  Teknik Penilaian
1.      Teknik penilaian sikap dilakukan melalui observasi, penilaian diri, dan penilaian antarpeserta didik.
2.      Teknik penilaian keterampilan dilakukan melalui demonstrasi keterampilannya.

Ø  Bentuk Penilaian:
1.      Jurnal/bukuharian
2.      Portofolio

Lanjutan penjelasan mengenai proses penilaian dan pembahasan selanjutnya  akan kita bahas di ‘Penjelasan Kepramukaan Dalam Pendampingan K 13 SMP 2014 (bag. V/Lanjutan)’ pada postingan berikutnya.


0 comments:

Post a Comment