Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Saturday, 28 February 2015

SDN 3 Maria dan Konsultan Belanda Tingkatkan Sarana Sanitasi

 

KM LENGGE WAWO.- Sekolah Dasar Negeri 3 Maria kecamatan Wawo, dikunjumgi oleh Konsultan dari Belanda yang berkedudukan di Jakarta, dan tim dari pemerintah Propinsi  Nusa Tenggara Barat beserta Bapeda Kabupaten Bima. Kunjungan ini dimaksud untuk menjalin kerjasama peningkatan sarana dan prasarana sanitasi bagi siswa SDN 3 Maria.

SDN 3 Maria merupakan salahsatu pilot project atau sekolah contoh yang bekerjasama dengan Y-Consultan asal Belanda dalam meningkatkan sarana dan prasarana sanitasi  di Kabupaten Bima.
Setelah mewakili Kabupaten Bima dalam lomba sekolah Sehat tingkat propinsi NTB berapa bulan yang lalu SDN 3 Maria berbenah disemua komponen sekolah termasuk sarana dan prasarana air bersih dan sanitasi.

Kepala SDN 3 Maria, Julhizah, S. Pd saat ditemuai di sekolah setempat mengatakan bahwa sekolahnya dikunjungi oleh anggota Y-Konsultan dari Jakarta yang berasal dari Belanda. Mereka meninjau bantuan sarana dan prasarana sanitasi yang telah di berikan kepada sekolah agar dapat dimanfaatkan oleh guru maupun siswa.

“Kunjungan Tim dari Jakarta dan Propinsi ini dalam rangka peninjauan sarana dan prasarana sanitasi, tempat cuci tangan, pengolahan sampah yang telah diberikan kepada sekolah, apakah dimanfaatkan atau tidak untuk peserta didik maupun guru,”ujar Julhijah.

Koordinator lapangan untuk kegiatan sanitasi Y-Consultan, Dani mengaku bahwa kedatangannya ke SDN 3 Maria untuk meninjau sejauh mana sarana prasaran yang telah di berikan dan dipasang oleh Konsultan dan bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Bima.

“Dari bantuan ini diharapkan anak didik maupun guru dapat memanfaatkan alat dan sarana ini, sehingga anak didik kita terbiasa hidup sehat sejak dini kedepan pola hidup sehat dapat di capai oleh kita,”ujar Dhani.

Dhani beserta 4 rekannya yang berasal dari Belanda mengelilingi area sekolah yang telah dipasang tempat penampungan air, tempat cuci tangan dan mengajak diskusi siswa dan guru yang mendampingingya.

Dhani juga mengaku bahwa fasilitas yang telah dipasang untuk melengkapi sarana dan prasarana sanitasi di SDN 3 Maria adalah tempat cuci tangan di depan kelas, tower bak penampung air, mesin pompa air, tempat pengolahan sampah, bak sampah, papan nama petunjuk sanitasi.

“SDN 3 Maria merupkan satu-satunya sekolah di Kabuapten Bima yang dijadikan sekolah contoh sekolah sehat di Kabupaten Bima,” ujar Dhani. (Efan)

0 comments:

Post a Comment