Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Wednesday, 18 March 2015

Si Bolang Shoting Di Uma Lengge


KM LENGGE WAWO,- Tim produksi program outdoor Trans7 Bocah Petualang  (Si Bolang) awal bulan lalu melakukan pengambilan gambar di desa Maria Kecamatan Wawo. Pengambilan gambar video berlangsung selama empat hari di lokasi yang berbeda. Pemeran Si Bolang adalah siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Maria Kecamatan Wawo, Yoyo (10) bersama dengan teman-teman sekolahnya asal Desa Maria.

Proses pengambilan gambar oleh cruew Trans7 ini , berlangsung selama 4 hari di lokasi yang berbeda dengan latarbelakang sawah dan ladang di sekitar Nggaro Lela (Kebun Lela), Sawah di sekitar dusun Foomboto, sungai dipegunungan Jelamba Desa Kalate yang memiliki alam pegunungan dan hutan yang Rimbun. Hijaunya Pepohonan di Nggaro Lela dan beningnya air sungai Jalamba memang ingin mengekpos alam Wawo yang subur dengan alam yang hijau.

Tim Cruew Si Bolang piawai mengambil sudut-sudut gambar. Terlihat beberapa kali pengambilan gambar dari sudut berbeda dan berulang-ulang agar gambarnya nanti bisa bagus . Bolang dan kawan-kawanpun telah di ajari agar tampil santai dan apa adanya seolah mereka mengobrol dengan kawan di kehidupan sehari-hari. Tanpa teks, tanpa naskah hafalan

Brojo salahsatu Cruew program outdoor Trans7 Bocah Petualang  (Si Bolang) diwawancarai disela-sela shoting mengatakannya kedatangan ke Nusa tenggara Barat untuk melakukan shoting program acara Si Bolang dibeberapa Kabupaten. “ Pengambilan gambar ini sudah mulai dari Si Bolang di Lombok, Sumbawa dan Bima, kemudian sebelum tayang nanti akan ada proses edit dan sebagainya setelah proses selesai baru kita tayang,” Brojo

Menurut Brojo Si Bolang mengisahkan bocah-bocah lugu (biasanya empat orang) di daerah tertentu yang berpetualang di kawasan sekitar huniannya, blusukan di pantai maupun hutan, dan melakukan aktivitas keseharian di kampung tersebut, dipimpin Bolang. Tiap episode, tokoh Si Bolang yang ditandai dengan semacam syal yang dibelitkan di kepala dengan tulisan “Si Bolang Bocah Petualang”, berganti-ganti.
“Dalam petualangannya, mereka berinteraksi dengan alam dan budaya setempat. Atau bermain dengan perkakas tradisional. Tak jarang dalam perjalannya mereka melibatkan manusia dewasa yang ditemuinya untuk mengatasi masalah”, ungkapnya.

Si Bolang Bocah Petualang memainkan peranan sebagai program yang tidak membebani anak-anak. Lihatlah, mereka bermain disawah, sungai, pemburu untuk kemudian dilepas ke alam bebas, atau belajar kesenian daerah. Si Bolang mengajarkan kemandirian dan mengampanyekan cinta alam.

Pengambilan gambar di kebun dan suangai itu menceritakan tentang Si Bolang dan teman-temannya sedang bermain di sawah kemudian mereka mandi di sungai Jalamba. Tidak hanya Si Bolang dang teman-temannya cerita Si Bolang dari Wawo ini juga ada tokoh yang memerankan nenek dan kakek Si Bolang.

Disamping itu kisah Si Bolang Wawo ini juga mengenalkan Budaya dan kekayaan sejarah di Kecamatan Wawo. Pada hari terakhir Yoyo dan teman-temannya melakukan pengambilan gambar di Situs Uma Lengge yang terletak di komplek Uma Lengge Desa Maria.

Pada proses pengambilan gambar ini Si Bolang Wawo dan teman-temanya di Uma Lengge bercerita tentang keceriaan bermain di kompleks Uma Lengga. Tradisi ampa Fare (Menaikan Padi) di Uma Lengge yang merupakan lumbung tempat menyimpan padi bagi masyarakat di Desa Maria.  Tidak lupa juga  Si Bolang bermain sambil belajar budaya Ntumbu (Adu kepala). Jadi Di Desa Maria anank-anak sejak dini telah diajarkan seni tarian Ntumbu dan kesenian daerah lainnya untuk tetap melestarikan Budaya dan Ntumbu (Adu Kepala)yang merupakan cirri khas Desa Maria dan satu-satunya Atraksi kesenian yang ektrim di Dunia.

Jangan Lupa yach… tonton Si Bolang Bocah Petualang kini ditayangkan tiap Senin hingga Jumat, pukul 13.15 hingga 13.45. Waktu Indonesia Barat. (Efan)

0 comments:

Post a Comment