Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Saturday, 4 April 2015

Blood Moon Tertutup Awan Separuh



KM LENGGE WAWO,- Fenomena alam menarik, ketika Bulan tertutup bayangan Bumi.  TotalGerhana bulan total, bagi yang tidak melihat fenomena itu sangat tidak beruntung karena keindahan dan menakjubkan.  Berbagai informasi dan pemberitaan yang ada di media cetak maupun media elektronik  2 hari yang lalu tentang akan terjadi Fenomena Gerhana Bulan, akhirnya pada (04/04) pukul sekitar pukul 19.58 sampai 20.03 waktu Indonesia tengah (Wita) ramai-ramai beberapa anak kampung menunggu fenomena gerhana Bulan di Lapanagan Umum Wawo.

Gerhana matahari atau bulan adalah suatu peristiwa astronomi yang terjadi ketika satu objek di langit bergerak ke arah bayangan objek lainnya.Istilah ini paling sering digunakan untuk menggambarkan baik gerhana matahari, yaitu ketika bayangan Bulan melintasi permukaan Bumi, atau gerhana bulan, yaitu ketika Bulan bergerak ke dalam bayangan Bumi.

Informasi dari media elektronik yang kami baca, dari berbagai sumber menyatakan bahwa Gerhana bulan pada (04/04) adalah  yang terpendek dalam 500 tahun terakhir. Dalam gerhana Bulan, totalitas gerhana biasanya berlangsung lama, bahkan lebih dari 15 menit.

Panjang pendek totalitas gerhana akan dipengaruhi oleh dua hal, jarak Bumi dan Bulan dan jarak Bumi dan Matahari. Gerhana kali ini Bumi berada tak terlalu jauh dengan matahari, tepat antara titik terjauh (aphelion) dan titik terdekat (perihelion). Sementara, jarak Bumi dan Bulan relatif jauh, mendekati apogee (titik terjauh). Jadi bulan malam ini adalah bulan mini. Kombinasi dua hal tersebut menyebabkan Bulan tak "menyelam" terlalu dalam pada saat melewati area bayangan bumi mempengaruhi durasi totalitasnya.

Meski bukan kali pertamanya terjadi, gerhana bulan kali ini punya sejumlah keistimewaan, dari durasinya yang superpendek hingga mitos-mitos yang mengiringinya. Bahkan Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam mengimbau kepada umat Islam untuk melakukan salat sunah gerhana secara berjamaah, sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW dan dianjurkan (sunnah makkadah) untuk bertakbir terlebih dahulu

Usai waktu sholat Fardu Magrib sekitar Pukul 19.15 Wita di Mesjid Alhilal Ta’a Desa Maria Utara yang letaknya dekat dengan Lapangan Umum Wawo, terlihat anak-anak kampung duduk-duduk ditengah lapangan bola.

Saat didekati dan diwawancarai mereka tampak asik mengambil gambar angkasa yang bertaburan bintang, Namun sayang di sebelah timur langit di kecamatan Wawo tertutup awan sehingga tidak tampak bulan hanya sdeikit cahaya agak kemarh merahan ditutupi awan.

Namun beberapa menit kemudian awan mulai tergeser sehingga bulan terlihat separuh karena masih tertutup awan,  gerhana bulan di sekitar wilayah Wawo tidak terlihat dengan jelas, karena tertutup awan. Akan tetapi warna bulan dengan agak kemerah-merahan dan sedikit agak hitam ketika ditutupi awan terlihat. Atau biasanya Fenomena ini biasanya disebut sebagai blood moon.

Nah, Semoga kita bisa lebih bersyukur, istigfar dan berzikir akan fenomena alam ini sebagai tanda kita bukan mahluk yang lupa akan Pencipta. (Efan)

0 comments:

Post a Comment