Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Friday, 1 May 2015

Pembangunan Irigasi Tingkatkan Hasil Pertanian


KM LENGGE WAWO,- Untuk menyukseskan pembangunan pada sektor pertanian, terutama pembuatan saluran irigasi, khususnya diwilayah Kecamatan Wawo.  Camat Wawo didampingi KUPT Pertanian dan Kades Kombo, melakukan peletakan batu pertama pembangunan saluran irigasi sepanjang 200 Meter di So. La Rondu Desa Kombo Kecamatan Wawo. Proyek saluran irigasi tersebut dikerjakan oleh Kelompok Tani (Poktan) So. La Rondu Desa Kombo.


Camat Wawo, Syafruddin Daud, S.Sos pada kesempatan tersebut, mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat Desa Kombo, terutama yang memiliki lahan pertanian sawah di lokasi So. La Rondu, agar dapat memanfaatkan saluran irigasi yang mulai dibangun tersebut dengan sebaik-baiknya untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat, terutama para petani.  Selain itu, pihaknya juga meminta agar hasil pembangunan seperti saluran irigasi tersebut nantinya dapat dijaga, dirawat dan dipelihara dengan sebaik mungkin, supaya bisa bertahan lama sampai sepuluh, bahkan hingga lima puluh tahun kedepan.

“Saya ingatkan kepada masyarakat Wawo, terutama para petani di Desa Kombo itu, karena saluran irigasi yang dibangun ini nantinya bukan untuk pemerintah, tapi untuk masyarakat itu sendiri, terutama para petani yang memiliki lahan persawahan di lokasi So La Rondu Desa Kombo,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala UPT Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kecamatan Wawo, M. Taufan, S.ST mengatakan, peletakan batu pertama pembangunan saluran irigasi di lokasi La Rondu Desa Kombo tersebut, merupakan proses awal dimulainya seluruh pembangunan saluran irigasi diberbagai desa se-wilayah Kecamatan wawo yang berjumlah sebanyak sebelas paket. 

“Pelaksanaan pembangunan saluran irigasi yang bersumber dari dana Bantuan Sosial (Bansos) tahun 2015 ini, semuanya  dikerjakan oleh Kelompok Tani (Poktan) yang tersebar diberbagai desa diwilayah Kecamatan Wawo,” jelasnya.


Selain itu lanjut Taufan, pada waktu yang bersamaan juga dilakukan penanaman serentak bibit kedelai melalui program percepatan peningakatan produksi kedelai di Kecamatan Wawo. Proses penanaman kedelai di So La Rondu ini mewakili 12 Kelompok tani lainnya yang mendapat program kedelai diberbagai wilayah Kecamatan Wawo Kabupaten Bima. (Yar)    

0 comments:

Post a Comment