Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Tuesday, 16 June 2015

ASDP Kayangan Gelar Latihan Terpadu Tanggap Hadapi Pembajakan dan Liburan


KM LENGGE WAWO,- Kegiatan Top Dril atau latihan terpadu bersama seluruh institusi terkait dilingkungan Kayangan dan Pototano dalam rangka menanggulangi keadaan darurat di atas kapal dan pelabuhan menjadi perhatian seluruh penumpang Bis penyebrangan Kayangan Pototano dan masyarakat di sekita Pelabuhan Kayangan, Senin (15/6).


Kegiatan ini melibatkan  Dishubkominfo NTB, Lombok Timur,  Otoritas Sahbandar, ASDP Kayangan,TNI AL, SAR, AIRUD, Polisi, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Dinas Kesehatan,  Jasa Raharja dan Seluruh Institusi yang ada di lingkup pelabuhan ASDP Kayangan Lombok Timur, NTB.

Jenderal Manager ASDP Pelabuhan Kayangan, Muhammad Yusuf Hadi ditemui saat simulasi latihan mengatakan bahwa, latihan bersama  atau latihan terpadu bertujuan agar semua elemen dipelabuhan tanggap terhadap keadaan darurat adanya pembajakan di atas kapal laut, kebakaran kapal, kepanikan penumpang di atas kapal, dan penyelamatan penumpang di laut ketika terjun atau menyelematkan sandera yang dibajak oleh teroris atau pembajak.



“Ketika terjadi pembajakan kapal penumpang atau ferry penyebrangan oleh sekelompok teroris maka bagaimana menyelamatkan penumpang ketika mereka panic karena disandera, kemudian kapal terbakar dan sebagian penumpang terjun ke laut, tugas kita bersamalah menyelamatakan penumpang dan melumpuhkan teroris,”ujar Hadi

Kegiatan ini sebagai komitmen kita mendukung kemaritiman yang ada di lintas selat Lombok  dan komitmen kita dan kesiapan menghadapi angkutan liburan dan lebaran. Ini adalah latihan dalam bentuk simulasi yang berlangsung dari hari Sabtu (13/6) dan puncaknya Senin (15/6).


Latihan terpadu yang mensimulasikan pembebasan sandera dan penyelamatan penumpang menjadi perhatian masyarakat disekitar. Mereka tidak menyaka ini sebuah latihan, karena tampak seperti benar-benar terjadi karena aparat dan tim penyelamat dengan senjata lengkap berlari mengamankan teroris dan bunyi sirene mobil ambvulance yang membawa sandera yang telah diselamatkan diatas sebuah kapal penumpang dan bahkan ada yang diselamatkan di laut. (Efan)

0 comments:

Post a Comment