Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Wednesday, 3 June 2015

Tablet Permudah Proses Belajar Mengajar


KM LENGGE WAWO,- Untuk mendukung proses belajar mengajar di dunia pendidikan, jajaran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bima, menggelar pelatihan pemanfaatan IT, pengopereasian android yang beisi aplikasi pendukung dalam proses belajar mengajar, bagi kepala sekolah dan operator Sekolah Dasar se Kabupaten Bima, di hotel Lila Graha.



Kegiatan dengan tema “Workshop Education for tomorrow dalam menyongsong pembelajaran abad 21 periode 2015-2025” bekerjasama dengan PT. Telkomsel sebagai penyedia Hardware berupa android yang beisi aplikasi penunjang dan mempermudah proses belajar mengajar di sekolah.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasara (Dikdas) Dikpora Kabupaten Bima, Hj. Jubaidah, mengaku bahwa, Pemanfaatan teknologi Telpon Pintar ini nantinya dapat mempermudah guru, operator dan kepala sekolah untuk mengecek info Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) , pengerjaan data Online pangkalan data penjamin mutu pendidikan Republik Indonesia (Padamu Negeri)  dan data pokok pendidikan (Dapodik).

“Dalam android ini juga bisa untuk penunjang kegiatan belajar mengajar bagi guru di sekolah, mencari aplikasi RPP, judul buku pembelajaran, dan bahan ajar lainnya lebih cepat dan mudah untuk di dapati di android ini,”ujar Jubaidah.

Instruktur dari Sistem Elektronik Teknologi Informasi (SITE) menjelaskan, Tablet yang diperuntukan bagi operator, guru, kepala sekolah ini memilik spesifikasi menggunakan operasi sistem android versi 4.1 compatibel, prosesor Empec dengan 8 Gb Ram ekternal dan 4 gb Ram Internal.

Bimtek pengopersian android ini mengajarkan tentang cara mengoperasikan android dari menghidupkan, membuat surat elektronik (E-Mail), membuka aplikasi judul buku, mencari RPP, internet dan sebagainya.

Peserta bimtek, Ahmad Manda, kepala sekolah SDN Inpres Tarlawi kecamatan Wawo mengaku, bahwa penggunaan aplikasi ini merupakan hal baru bagi kepala sekolah. “Saya masih belum paham, tapi dengan dihadirkannya operator sekolah, nanti operator akan mengajarkan kami disekolah,”ujar Ahmad.


Senada dengan peserta bimtek laiinya, hampir sebagian besar peserta yang terdiri dari kepala sekolah, masih kurang memahamai penggunaan dan pengoperasin android, namun mereka yakin dengan belajar dan terus belajar akan mempermudah kami dalam pengoperasianya. (Efan)

0 comments:

Post a Comment