Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Wednesday, 15 July 2015

Jalan Lengge di Perbaiki, Menarik Kunjungan Wisata


KM LENGGE,- Kondisi jalan ekonomi dan Pariwisata menuju ke Situs Uma Lengge desa Maria kecamatan Wawo yang dikeluhkan oleh masyarakat yang bermukim disekitar komplek menuju uma Lengge akhirnya mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten Bima.


Melalui APBD Kabupaten Bima tahun 2015, pemerintah kabupaten Bima telah menggarkan untuk pengerasan dan mengaspalan jalan menuju situs wisata Uma Lengge. Situs Uma Lengge merupakan satu-satunya di propinsi NTB yang menjadi perhatian dan banyak dikunjungi oleh menikmat budaya dan wisata yang berkunjung ke Bima NTB.

Jalan menuju Situs Uma Lengge sebelumya pernah dilakukan pengerasan dan pengaspalan  tujuh atau delapan tahun yang lalu, namun buruknya kualitas aspal dan pemeliharaan yang kurang rutin akhirnya jalan menuju komplek Situs uma Lengge dan pekuburan Dara ini terkelupas dan berlubang.

Setiap kunjungan Bupati dan melalui proposal sering kali pemerintah Desa Maria mengusulkan untuk di aspal ulang, namun tahun 2015 ini pemerintah merespon keinginan masyarakat.

Kepala desa Maria, Nurdin HM. Saleh menyambut dengan baik apa yang dilakukan oleh pemerintah daerah. Apalagi setelah desa Maria masuk kategori juara harapan 3 Nasional dalam ajang lomba desa tingakat Nasional tahun 2014. “Disamping itu patutlah desa maria diperhatikan dalam segala hal untuk berbenah menuju cita-cita kita yaitu desa Wisata,” ujar Nurdin.
Jalan menuju situs Uma Lengge merupakan jalan ekonomi dan pariwisata yang masuk dalam kalender kunjungan wisata Kabuapten Bima dan propinsi NTB. Sehingga bagi desa Maria, baiknya jalan menuju uma Lengge akan menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi uma lengge dan ini menjadi PAD bagi desa Maria.

Sejumlah masyarakat yang berada disekitar jalan menuju situs uma Lengge merasa gembira dengan diperbaikinya jalan ini. Karena sebagian jalan menuju situs Uma Lengge meruapakan jalan yang digunakan oleh masyarakat pemukiman disekitar dusun Temba Mbojo desa Maria.

Yuli warga dusun Temba Mbojo, mengukapkan rasa senangnya setelah jalan menuju rumahnya di aspal. “Kondisi jalan ini sebelumnya sangat memprihatinkan kalau lewat pakai motor harus hati-hati karena kerekel dan pasir bekas aspal lama sudah terkelupas,”ujar Yuli.
Warga Temba Mbojo lainnya, Odeng, Turaya dan sejumlah warga lainnya merasa bersyukur karena jalan menuju uma Lengge sudah diperbaiki. “Mudah-mudahan dengan diperbaikinya jalan menuju tempat wisata dan budaya uma Lengge, menambah daya tarik masyarakat dan wisatawan untuk mengunjungi uma Lengge karena jalan sudah diperbaiki.

Masyarakat disekitar situs Uma Lengge juga berharap setelah jalan diperbaiki, promosi situs Uma Lengge juga harus gencar dilaksanakan, seperti 10 tahun lalu uma Lengge setiap 2 atau 3 kali dalam minggu selalu dikunjungi wisatawan manca Negara.


Sehingga dengan ramainya kunjungan wisata local maupun domestic ke situs Uma Lengge akan menambah daya kreatifitas masyarakat dusun Temba Mbojo yang dulunya memiliki dan mengembangkan kerajinan  tenun, kerajinan tangan, cendramata, dan hasil kebun untuk dipasarkan disekitar jalan menuju uma Lengge sehingga hal ini mampu meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar situs uma Lengge. (Efan)

0 comments:

Post a Comment