Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Wednesday, 15 July 2015

Kegiatan PPA – PKH Tahun 2015 Ditutup


KM LENGGE,- Bupati Bima yang diwakili oleh  Asisten III  Bidang Administrasi Umum Setda H. Makruf, SE, menutup secara resmi kegiatan Pengurangan Pekerja Anak Program Keluarga Harapan ( PPA – PKH) Kabupaten Bima tahun anggaran 2015 di MTS. Darul Sakinah desa Sangia kecamatan Sape . 


Asisten III yang didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bima Drs. Ishaka, Camat Sape Muhaymin, S.Adm dan beberapa pimpinan SKPD terkait dalam arahannya mengatakan "berkaitan dengan kegiatan PPA – PKH  ini,  pemerintah saat ini  berupaya mengintegrasikan penarikan pekerja anak dengan 2 program pemerintah lainnya yaitu Pengentasan kemiskinan dan program wajib belajar melalui program pengurangan pekerja anak (PPA) dalam rangka mendukung program keluarga harapan (PKH).

Seiring  pelaksanaan program ini,  serangkaian pembinaan dilakukan untuk menumbuh kembangkan kemampuan  anak-anak secara optimal, baik dari sisi fisik, mental dan sosial serta tingkat intelektual. Sehingga mereka yang ditarik dari pekerja anak, memiliki motivasi dan semangat untuk kembali ke pendidikan yang ditekuni sebelumnya". Kata H. Makruf. 

Program pengurangan pekerja anak (PPA) merupakan upaya  mendukung terwujudnya tujuan program keluarga harapan yaitu peningkatan status kesehatan ibu dan anak serta meningkatkan partisipasi anak usia wajib belajar ke pendidikan. 

Untuk mencapai hasil optimal dalam pelaksanaannya, maka secara kegiatan ini semaksimal mungkin harus melibatkan institusi pemerintah daerah lainnya yang membidangi pendidikan, sosial dan kesehatan serta lembaga-lembaga pelayanan sosial lainnya.

H.Makruf berharap partisipasi aktif  instansi terkait dalam melakukan koordinasi dengan instansi lainnya dan mitra kerja pemerintah daerah  penting dilakukan.

Kadis Nakertrans kabupaten Bima Drs. Ishaka mengatakan,  sejak tahun 2010 hingga 2014,  program ini telah berhasil mengembalikan pekerja terburuk sebanyak 360 anak dan tahun 2015 ini merupakan kegiatan yang ke – 6. Pada tahun anggaran 2015,  sebanyak  50 orang anak berasal dari kecamatan Sape dan 40 orang anak dan Lambu telah direkrut dan ditampung dalam suatu wadah pembelajaran yang layak.


Ishaka mengatakan selama satu bulan, 90 anak dibekali sejumlah mata pelajaran  di MTS  Darul Sakinah  Sangia l Sape. Selain itu mereka ini juga diberikan beasiswa masing-masing  Rp 250.000,- selama 5 bulan untuk 90 orang anak. Selain itu, dilakukan penyerahan bantuan kain sarung sebanyak 100 lembar dari Bank BRI cabang Bima. HP Bima (Efan)

0 comments:

Post a Comment