Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Thursday, 29 October 2015

Diklat Manajemen Tingkatkan Kualitas dan Kompetensi SDM


KM LENGGE,- Untuk menciptakan wirausaha yang handal dan mandiri serta mampu membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat di lingkungan produsen tembakau di Kabupaten Bima Kamis (29 /10) Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima mengadakan Diklat Manajemen Keterampilan di Lingkungan Tembakau  di aula hotel Parewa Kota Bima. 


Bupati Bima yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Bima Drs. H. Abdul Wahab yang didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima Hj. Maesyarah, SE dalam arahannya mengatakan, "dalam upaya peningkatan kapasitas masyarakat wirausaha, diakui bahwa pemerintah daerah masih memiliki keterbatasan.

"Hal ini dapat dilihat dari 11.145 orang UMKM, namun baru 295 orang atau hanya 2,65% dari wirausahawan yang telah mendapatkan pelatihan. Jumlah ini kata Wahab belum sebanding dengan pertumbuhan wirausaha yang seharusnya secara terus-menerus mendapatkan dukungan pemerintah agar kompetensi dan keterampilannya dapat ditingkatkan". 

Namun demikian kata Wahab, "meskipun dengan keterbatasan yang ada pemerintah daerah akan terus bertekad untuk memprioritaskan peningkatan kualitas dan kompetensi SDM wirausaha yang bermuara pada tumbuh-kembangnya kalangan dunia usaha yang mandiri dan mampu membaca peluang pasar agar dapat meningkatkan derajat kehidupan dan ekonomi keluarganya". Tutur Wahab.

Pada kesempatan tersebut Ketua Panitia pelaksana yang juga Kepala Bidang Pemberdayaan UKM Drs. Alimudin H.M. Yakub dalam laporannya mengatakan, "pelatihan ini akan berlangsung selama tiga hari dari  tanggal 29  sampai dengan 31 Oktober 2015 di hotel Parewa. Untuk mengoptimalkan penerimaan materi di kelas, peserta yang terdiri dari para petani yang memiliki usaha sampingan dan perempuan yang memiliki usaha pada sektor tataboga diinapkan di tempat yang sama.

Alimudin menjelaskan, "pelatihan diikuti oleh 30 wirausaha baru atau pelaku usaha yang berada di lingkungan petani tembakau yang menyebar pada tiga kecamatan produsen tembakau. pasca pelatihan diharapkan akan menciptakan sumber daya manusia yang handal dan menumbuh-kembangkan semangat, perubahan sikap, perilaku, atas kerja kemandirian dan juga meningkatkan wawasan kemampuan bagi UKM". Terangnya.


Selama tiga hari ke depan lanjut Alimudin para peserta akan dibekali materi yang mencakup kebijakan pengembangan koperasi dan UKM, kebijakan pemerintah tentang Bantuan Dana dari Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBH-CHT), regulasi bidang perkoperasian, manajemen usaha mikro, kewirausahaan, dan pembukuan sederhana untuk UKM". HP Bima (Efan)

0 comments:

Post a Comment