Kampung Media Lengge Wawo, Sekretariat: Jalan Lintas Bima - Sape Km.17 Kompleks Lapangan Umum Desa Maria Utara Kecamatan Wawo Kabupaten Bima, Telepon: 0374-7000447. Bagi yang ingin mengirim Tulisan Berita atau Artikel hubungi Nomor HP: 081803884629/085338436666

Monday, 29 February 2016

Jalur Laut Sangiang Darat-Sangian Pulo Butuh Tranportasi Publik


KM LENGGE,- Sampai saat ini transportasi menuju Sangiang Pulo hanya disediakan secara pribadi. Masyarakat yang memiliki aktifitas pekerjaan  di Sangian Pulo harus rela berdesak - desakan menggunakan perahu milik pribadi. Kalau tidak ya menunggu pekan jumat depan. 


"Iya warga yang memiliki aktifitas pertanian dan peternakan di Sangiang Pulo hanya mengandalkan perahu milik warga yang kebetulan pulang ke Sangiang darat," demikian dikatakan Irawan peserta Sosialisasi Keselamatan Transportasi Lau yang diadakan Dinas Perhubungan Kominfo di Pos Pengawasan Laut Sangiang, Sabtu (20/02).

Lanjut Irawan, masyarakat meminta dinas Perhubungan bisa memfasilitasi transportasi publik yang nyaman dan memenuhi standar keselamatan transportasi laut penghubung antara Sangiang Darat dan Sangiang Pulo.

"Pemerintah seharusnya bisa memfasilitasi transportasi publik yang menjamin keamanan. Karena selama ini belum ada. Padahal, ada sekitar 600 KK yang memiliki aktifitas perekonomian di Sangiang Pulo," pinta Irawan.

Kepala Bidang Perhubungan Laut Ahmad, SE yang didampingi Arief Rachman Kasubag Program dan Pelaporan menjelaskan, memang sampai saat ini pemerintah belum menetapkan Sangiang Darat menuju Sangiang Pulo sebagai salah satu jalur atau rute pelayanan transportasi publik local. Karena itu, Ahmad berharap, meski pemerintah belum menyediakan, kami mendukung pihak swasta mengadakan transportasi Sangiang Darat menuju Sangiang Pulo. "Silahkan mendaftarkan pemilik kapal/perahu, sehingga transportasinya bisa dilegalkan," pinta Ahmad.


Ahmad meminta kepada para pemilik perahu yang melayani secara kekeluargaan untu memperhatika syarat kesematan transportasi laut. "Meski hanya melayani keluarga, pemilik kapal dan perahu harus tetap memperhatikan keselamatan transportasi," tutup Ahmad. HPB (Efan)

0 comments:

Post a Comment